Pekanbaru, Kota Wisata dan Surga Kuliner Khas Melayu

Pekanbaru, Kota Wisata dan Surga Kuliner Khas Melayu
Pekanbaru, Kota Wisata dan Surga Kuliner Khas Melayu

jpnn.com - PEKANBARU merupakan ibukota Provinsi Riau. Kota yang beberapa kali menyabet prediket sebagai kota terbersih di Indonesia ini, memiliki objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Tak lupa di kota ini tersedia beraneka ragam jenis wisata budaya dan kuliner bagi para pecinta jalan-jalan dan makan.

 

Dahulunya kota ini dikenal dengan nama Senapelan yang dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut Batin. Sejarah kota ini tidak terlepas dari fungsi Sungai Siak sebagai salah satu sarana transportasi dalam transaksi jual beli para saudagar melalui Selat Malaka. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

 

Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II,dan terminal bus terminal antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya

 

Perkembangan kota ini pada awalnya tidak terlepas dari fungsi Sungai Siak sebagai sarana transportasi dalam mendistribusikan hasil bumi dari pedalaman dan dataran tinggi Minangkabau ke wilayah pesisir Selat Malaka. Pada abad ke-18, wilayah Senapelan di tepi Sungai Siak, menjadi pasar (pekan) bagi para pedagang dari dataran tinggi Minangkabau.

 

PEKANBARU merupakan ibukota Provinsi Riau. Kota yang beberapa kali menyabet prediket sebagai kota terbersih di Indonesia ini, memiliki objek wisata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News