Perang Dunia Maya, Rusia Bangun Proyek Wikipedia Tandingan

Perang Dunia Maya, Rusia Bangun Proyek Wikipedia Tandingan
Rusia Bangun Proyek Wikipedia Tandingan. Foto: istimewa

jpnn.com - MOSCOW - Rusia menggagas proyek ensiklopedia online alternatif pengganti Wikipedia. 'Pemerintahan Kremlin' beranggapan wikipedia mulai tak aman memberikan informasi kepada warganya, menyusul pencitraan tak sedap dunia barat terhadap Rusia belakangan ini.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (15/11), sumber dekat Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan Rusi menginginkan informasi yang pasti tentang Rusia kepada warganta sendiri. Rusia disebut membutuhkan kontrol yang lebih ketat melalui internet, karena Barat akan mempromosikan citra palsu dari pemerintahan Rusia.

"Analisis kami menyimpulkan bahwa situs (Wikipedia) sudah tidak memberikan informasi rinci tentang semua wilayah Rusia. Kami memulai membuat ensiklopedia Wikipedia alternatif, " sebut pernyataan Perpustakaan Kepresidenan.

Beberapa bulan yang lalu, Putin mengkhawatirkan kehidupan warganya dari ancaman 'Barat', dengan menyebut agen seperti CIA sudah masuk terlalu jauh ke dunia internet, untuk merusak citra pemerintahan Rusia. 

Sejauh ini belum ada informasi apakah proyek Rusia ini akan mempengaruhi akses gratis ke halaman web Wikipedia saat ini. Namun yang pasti, Rusia butuh kekuatan bahkan modal besar membuat citra Wikipedia goyang. Sebab, Wikipedia sendiri merupakan salah satu situs terpopuler di dunia. (adk/jpnn)

MOSCOW - Rusia menggagas proyek ensiklopedia online alternatif pengganti Wikipedia. 'Pemerintahan Kremlin' beranggapan wikipedia mulai tak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News