Sudin Kebut Perbaikan Saluran Air Penghubung

Sudin Kebut Perbaikan Saluran Air Penghubung
SEMRAWUT: Proyek perbaikan saluran air wilayah Jakarta Timur terganggu tiang listrik yang hampir roboh. Sudin PU Tata Air Jaktim bakal mempercepat perbaikan tersebut. (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

jpnn.com - CAKUNG – Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) Tata Air Jakarta Timur dibebani tugas untuk segera merampungkan perbaikan saluran air. Padahal, proyek-proyek khusus di wilayah timur ditarget rampung pada 10 Desember 2014.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan dan Pengendalian Sarana Prasarana dan Pengendali Banjir Sudin Tata Air Jakarta Timur Supriyatno menyatakan, semua pekerjaan saluran penghubung ditargetkan selesai pada 10 Desember mendatang. Namun, karena permintaan masyarakat, pihaknya langsung mempercepat pekerjaan. ’’Pak Ahok minta yang di Jalan Manunggal 2 dan 3 dipercepat,’’ terangnya Jumat (14/11).

Saluran yang dikerjakan adalah pabrikasi berukuran 60–100 sentimeter. Sebab, semakin ke bawah atau hilir, ukurannya semakin lebar. Muaranya adalah Kali Buaran. Berdasar data, spek teknis perbaikan di sana adalah saluran pabrik tipe U berukuran 60 x 60 cm sepanjang 595,20 meter; 80 x 80 cm (122,40 meter); dan 100 x 100 cm (129,60 meter). Sementara itu, gorong-gorong pabrik berukuran 80–100 sentimeter sepanjang 44 meter.

Menurut Supriyatno, perbaikan saluran di Jalan Manunggal 3 sudah selesai, sedangkan di Jalan Manunggal 2 masih proses. Dia merasa perbaikan saluran di Jalan Manunggal 2 tersebut sangat sulit. Sebab, ada salah seorang warga yang menolak pohon miliknya dipindahkan. ’’Katanya pohonnya mahal,’’ ungkapnya.

Selain itu, menurut warga, di sana tidak pernah terjadi banjir. Menurut Supriyatno, lokasinya berada di tengah sehingga tidak mungkin kebanjiran. ’’Yang kebanjiran kan di hilir,’’ ujarnya. (rya/c5/ind)


CAKUNG – Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) Tata Air Jakarta Timur dibebani tugas untuk segera merampungkan perbaikan saluran air. Padahal,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News