Pemimpin Dunia Paling Miskin yang Rendah Hati

Pemimpin Dunia Paling Miskin yang Rendah Hati
Jose Mujica, bersama hewan peliharaannya yang terkenal, Manuela. Foto: istimewa

jpnn.com - Beberapa pemimpin dunia layak dijadikan teladan. Mereka tidak hanya berkoar soal rendah hati dan hidup sederhana, tetapi juga memberikan contoh langsung kepada penduduknya. Jose Mujica, salah satu di antaranya.

------------

PETANI yang rendah hati. Begitulah Jose Mujica, 79. Presiden Uruguay tersebut memang berpenampilan tidak ubahnya petani. Dia tidak tinggal di istana kepresidenan, tidak dikawal ke mana pun pergi, dan mengendarai mobil VW Beetle miliknya sendiri tanpa sopir. Sebanyak 90 persen gajinya sebagai presiden juga didonasikan untuk organisasi yang menyediakan rumah bagi warga miskin dan membiayai gerakan partainya. Per bulan Mujica digaji USD 12 ribu (Rp 146,4 juta).

Sejak menjabat presiden pada 1 Maret 2010, Mujica selalu tinggal di rumah pertanian di dekat Montevideo. Jangan membayangkan rumah mewah dengan pagar tinggi dengan puluhan pekerja, penjaga, dan ratusan ternak. Rumahnya sangat sederhana dan hanya memiliki satu kamar. Sehari-hari Mujica bersama istrinya, Lucia Topolansky, menanam bunga krisan untuk dijual. Sejak menikah pada 2005, Mujica tidak dikaruniai anak. Karena itu, dia tidak membutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhannya dan istri yang sama-sama suka hidup sahaja.

"Beberapa tahun lalu saya mungkin senang sekali meski hanya memiliki selembar kasur," ujar presiden Uruguay ke-40 itu. Yang dimaksud adalah saat-saat di mana dia hidup di penjara dan harus tidur beralas lantai. Mantan pemimpin gerilyawan Marxist Tupamaros tersebut memang sempat menghabiskan hidup di balik jeruji besi selama 14 tahun. 

Dia bebas pada 1985 saat Uruguay menjadi negara demokrasi. Karena itu, bagi Mujica, kehidupannya sekarang sangat luar biasa mewah jika dibandingkan dengan masa lalunya yang cukup sulit. 

Mujica tidak memiliki barang mewah, kecuali mobil VW beetle tua miliknya yang baru-baru ini ditawar USD 1 juta (Rp 12,2 miliar) oleh seorang syekh dari Arab. Mobil kodok antik itu merupakan harta kekayaan dia satu-satunya. Sebab, rumah dan tanah pertanian tempatnya tinggal adalah milik istrinya. Meski begitu, Mujica menolak jika dipanggil sebagai presiden termiskin di dunia. Mujica menyatakan dengan tegas bahwa dirinya tidak miskin.

"Orang miskin bukanlah seseorang yang memiliki sedikit (harta), tapi orang yang selalu membutuhkan lebih, lebih, dan lebih lagi. Saya tidak hidup dalam kemiskinan. Saya hidup dalam kesederhanaan. Hanya sedikit yang saya butuhkan untuk hidup," ujar pemimpin negara yang memiliki nama asli Jose Alberto Mujica Cordano tersebut.

Beberapa pemimpin dunia layak dijadikan teladan. Mereka tidak hanya berkoar soal rendah hati dan hidup sederhana, tetapi juga memberikan contoh langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News