Jokowi Duduk Diapit Empat Pemimpin Negara Superpower

Jokowi Duduk Diapit Empat Pemimpin Negara Superpower
Joko Widodo (kiri) dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott (kanan) saat pertemuan bilateral di G20 Summit 2014. Foto: Reuters

jpnn.com - POPULARITAS Presiden Joko Widodo (Jokowi) di forum APEC awal pekan ini kembali terulang di G20. Ini terlihat dari penempatan posisi tempat duduk Jokowi yang menjadikannya terus mendapat sorotan utama.

 

Saat forum APEC di Beijing, Tiongkok, Jokowi diapit oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Nah, saat upacara penyambutan kepala negara dan pembukaan G20 kemarin, Jokowi diapit empat kepala negara superpower.

Di samping kanannya, duduk Tony Abbott sebagai tuan rumah dan Obama. Sedangkan di kirinya duduk Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Sepanjang pertunjukan budaya yang disajikan pemerintah Australia, Jokowi tampak beberapa kali berbincang akrab dengan Tony Abbott dan David Cameroon yang mengapitnya.

Memakai setelan jas berdasi merah, mantan walikota Solo dan gubernur Jakarta ini tampak percaya diri berada di tengah para pemimpin dunia.

Selain mengikuti agenda puncak G20, kemarin pagi Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan minat Indonesia untuk menjalin kerjasama ekonomi dengan Italia.

"Misalnya, dalam pengembangan industri kreatif seperti fashion dan industri kulit (sepatu, Red)," kata Jokowi.

POPULARITAS Presiden Joko Widodo (Jokowi) di forum APEC awal pekan ini kembali terulang di G20. Ini terlihat dari penempatan posisi tempat duduk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News