Banjir Terjang Ribuan Rumah Warga di Empat Kabupaten

Banjir Terjang Ribuan Rumah Warga di Empat Kabupaten
Banjir yang menerjang Desa Kuntu, Kampar Kiri, Jumat (14/11). Foto: Teguh Prihatna/Riau Pos/JPNN

jpnn.com - TELUK KUANTAN - Hingga kemarin ribuan rumah masih digenangi banjir di empat kabupaten yakni Rohul, Rohil, Kampar dan Kuansing. Banjir bandang terbaru terjadi di Kecamatan Cerenti, Kuantan Singingi.  

Anak sungai di wilayah itu, yakni Sungai Lingkaran meluap hingga terjadi banjir bandang yang membuat jembatan putus di Desa Kampung Baru Timur tersebut. Sejumlah rumah di beberapa desa juga sudah terendam, seperti di Desa Sikakak, Pulau Jambu, Teluk Pauh Cerenti dan Kampung Baru Timur.  

"Perlu kami laporkan ada beberapa rumah di Desa Sikakak terendam, juga di Pulau Jambu dan Teluk Pauh. Bahkan ada juga sekolah di Pulau Jambu yang terendam," kata Camat Cerenti, Latifa SSos dilansir Riau Pos (Grup JPNN.com), Minggu (16/11).

Kendati sudah mulai surut di hulu, namun banjir beranjak merendam rumah-rumah warga di wilayah hilir, seperti di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti. Diperkirakan ribuan rumah, Sabtu pagi kemarin, terendam banjir di sini.

Di Kecamatan Kuantan Hilir, mayoritas desa terendam. Diperkirakan sekitar 1.200 rumah terendam. Begitu juga di wilayah Cerenti.

"Mayoritas rumah terendam di Kuantan Hilir Seberang, ya, ada sekitar 1.200 rumah," kata Camat Kuantan Hilir Seberang, Jon Hendri L SSos kemarin.

Sedangkan di Kecamatan Benai, banjir merendam sekurangnya 441 rumah yang tersebar di Desa Ujung Tanjung, Desa Koto Benai, Koto, Simandolak, Benai Kecil, Tanjung,  Tebing Tinggi, Talontam, Siberakun, Pulau Tongah, Banjar Benai, dan Pulau Ingu.

"Itu data sementara rumah warga yang terendam akibat banjir Jumat kemarin," kata Camat Benai, Drs Masnur Judin MM,  Sabtu (15/11).

TELUK KUANTAN - Hingga kemarin ribuan rumah masih digenangi banjir di empat kabupaten yakni Rohul, Rohil, Kampar dan Kuansing. Banjir bandang terbaru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News