Daftar Haji Sekarang, Berangkat 17 Tahun Lagi

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 17 Tahun Lagi
Daftar Haji Sekarang, Berangkat 17 Tahun Lagi

jpnn.com - MATARAM - Bagi jamaah calon haji yang baru mengantongi nomor porsi haji tahun ini, jamaah bersangkutan diperkirakan paling cepat akan berangkat ke Tanah Suci 17 tahun lagi. Pasalnya, kuota haji NTB telah penuh hingga 2031.

 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama NTB H Maad Umar mengatakan, hingga November ini, daftar tunggu haji di NTB telah mencapai 69.536 jamaah.

Dengan kuota jamaah haji NTB rata-rata satu tahun 4.494 jamaah, maka itu berarti kuota haji NTB telah penuh untuk 17 tahun ke depan.

“Hitungan kami, untuk mereka yang baru daftar sekarang, maka kemungkinan baru bisa berangkat 17 tahun lagi,” kata Maad, kemarin.

Asumsi 17 tahun ini akan terjadi jika tidak ada pemotongan kuota 20 persen seperti yang sudah terjadi dalam dua tahun terakhir ini. Atau, kemungkinan akan berangkat lebih cepat terbuka, jika permintaan tambahan kuota jamaah haji Indonesia, bisa dipenuhi Kerajaan Arab Saudi.

Maad mengatakan, jumlah daftar tunggu jamaah haji akan terus bertambah. Mengingat animo umat muslim di NTB untuk menunaikan ibadah haji memang sangat tinggi. Saat ini, jamaah yang telah menyetorkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji sebesar Rp 25 juta, sudah langsung mengantongi nomor porsi.

Ke depan, kata Maad, ada rencana pemerintah untuk menaikkan setoran minimal untuk mengantongi nomor porsi. Setidaknya akan menjadi minimal Rp 30 juta. Langkah ini diharapkan akan menjadikan penambahan nomor antrean tidak terlalu signifikan tiap tahun.

MATARAM - Bagi jamaah calon haji yang baru mengantongi nomor porsi haji tahun ini, jamaah bersangkutan diperkirakan paling cepat akan berangkat ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News