Puing MH17 Mulai Dievakuasi

Puing MH17 Mulai Dievakuasi
Pesawat MH17 yang diduga ditembak jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia.

jpnn.com - GRABOVE - Setelah empat bulan terkatung-katung, puing-puing pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 akhirnya dievakuasi dari Desa Grabove, Donetsk, Ukraina, kemarin (16/11). Adalah para pekerja Kementerian Kedaruratan Republik Rakyat Donetsk (pemberontak pro-Rusia, Red) yang memotong dan mengangkutnya. Puing-puing itu akan dikirimkan ke Belanda untuk diteliti. Evakuasi tersebut diawasi Badan Keselamatan Belanda.

''Badan Keselamatan Belanda menugaskan pengambilan puing ini dan mengirimkannya ke Belanda sebagai bagian dari penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat MH17,'' ujar seorang tim akhir dari Belanda di lokasi. Evakuasi itu diperkirakan memakan waktu beberapa hari.

Pesawat jenis Boeing 777 yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur tersebut jatuh pada 17 Juli lalu. Sebanyak 298 penumpang dan kru pesawat tidak selamat. 

Di tempat terpisah, televisi milik pemerintah Rusia, Channel One, membeberkan bukti-bukti bahwa MH17 tidak hancur karena dirudal dengan misil BUK dari bawah. Namun, pesawat itu ditembak pesawat jet tempur milik Ukraina. Foto-foto yang membuktikan hal tersebut ditayangkan dalam acaraOdnako pada Jumat petang (14/11).

Presenter Channel One Dmitry Borisov menjelaskan, foto itu diambil satelit milik salah satu negara barat. Dalam foto tersebut tampak pesawat jet tempur menembakkan misil pada pesawat penumpang di atas langit Ukraina. Selama ini Rusia memang bersikukuh bahwa Ukraina-lah yang menembak MH17, bukan para pemberontak, apalagi Moskow.

Meski begitu, para ahli berpendapat bahwa foto itu hanyalah sebuah lelucon kasar. Salah satu indikasinya adalah sisi yang diserang jet tempur tersebut tidak sesuai dengan kerusakan pada MH17.

Bellingcat, peneliti dari Inggris, menyatakan foto itu diambil dari Google Earth pada 2012.(AFP/Reuters/sha/c14/tia)


Berita Selanjutnya:
Hari Ganti Kelamin

GRABOVE - Setelah empat bulan terkatung-katung, puing-puing pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 akhirnya dievakuasi dari Desa Grabove,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News