Perseteruan KMP Vs KIH Tergantung Hasil Munas Golkar

Perseteruan KMP Vs KIH Tergantung Hasil Munas Golkar
Perseteruan KMP Vs KIH Tergantung Hasil Munas Golkar

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai diplomasi kesepakatan perundingan antara politikus PDIP Perjuangan, Pramono Anung dengan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa belum akan menyeleseaikan perseteruan antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) di DPR. Burhanuddin menganggap kesepakatan Pramono dan Hatta lebih tepat menjadi jeda saja.

"Diplomasi empek-empek belum akan menyelesaikan perseteruan KMP versis KIH. Kesepakatan di kediaman Hatta Rajasa masih dalam fase rehat saja," kata Burhanuddin dalam diskusi bertema 'Urgensi Perubahan UU MD3' di ruang Fraksi PKB, Gedung Nusantara I, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (18/11).

Sebelumnya, Pramono telah melakukan pertemuan dengan Hatta. Menurut mantan Sekjen PDIP itu, ketegangan antara KMP dan KIH dibahas sembari menyantap empek-empek, makanan khas Palembang yang menjadi daerah asal Hatta.

Namun, Burhanuddin menyebut ada faktor penting lainnya yang paling efektif menghentikan perseteruan KMP dan KIH. Yakni  hasil Musyawarah Nasional Partai Golkar. "Siapa nantinya yang terpilih jadi Ketua Umum Partai Golkar, itu yang akan menghentikan perseteruan," tegasnya.

Di samping hasil Munas Partai Golkar, lanjut Burhanuddin, hasil kongres atau muktamar semua partai politik di DPR juga akan sangat mempengaruhi jalan DPR lima tahun ke depan.(fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai diplomasi kesepakatan perundingan antara politikus PDIP Perjuangan, Pramono Anung dengan Ketua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News