Potong Lambung biar Langsing

Potong Lambung biar Langsing
Potong Lambung biar Langsing

jpnn.com - Mayoritas perempuan mendambakan bertubuh langsing. Tak sedikit yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan bentuk tubuh idaman. Mulai diet ketat, gerak badan mati-matian, sampai operasi potong lambung.

* * *

BANYAK kasus diet untuk mendapatkan tubuh ideal akhirnya kandas di tengah jalan. Kalau tidak disertai niat yang kuat, pertahanan ”iman” terhadap godaan makanan lezat, akhirnya jebol juga. Fenomena gagal diet semacam itu dapat dijelaskan secara medis.

Direktur Clinic for Digestive Surgery Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura dr Foo Chek Siang mengakui, perubahan pola makan masih terkait dengan otak. Secara gamblang, otak akan menerima informasi aktual dan tepercaya dari perut. ”Karena itu, jika ingin berhasil, diet harus disertai dengan niat yang kuat,” ungkap dokter yang rutin gowes melahap rute minimal 40 km setiap pagi itu.

Menurut Foo, sangat wajar bila seseorang akhirnya menyerah terhadap program diet yang dijalani. Biasanya, seseorang menyerah lantaran tak kuasa menahan rasa lapar. Munculnya rasa lapar itu, menurut dia, disebabkan perut memberi tahu otak bahwa lambung sedang kosong. ”Jika dibiarkan terus-menerus, lambung semakin kuat memberikan informasi ke otak,” jelas Foo saat ditemui di Singapura beberapa waktu lalu.

Di samping diet dan gerak badan, ada satu upaya lain dalam program pelangsingan tubuh. Yakni, melakukan tindakan medis pada perut. Upaya itu populer dengan sebutan bariatric and metabolic surgery.

Foo menegaskan, bedah bariatric jauh berbeda bila dibandingkan dengan operasi plastik atau cosmetic surgery. Tindakan tersebut, menurut Foo, lebih difokuskan pada daerah lambung.

Pada prinsipnya, volume lambung pada pasien akan dikurangi. Apalagi, ukuran lambung penderita obesitas biasanya lumayan besar. ”Kalau volume lambungnya sudah kecil, makan sedikit saja sudah terasa kenyang. Perut akan memberikan informasi ke otak bahwa lambung sudah penuh,” tutur dia.

Mayoritas perempuan mendambakan bertubuh langsing. Tak sedikit yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan bentuk tubuh idaman. Mulai diet ketat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News