Beresi Kawasan Kumuh, Pemerintah Perbanyak MCK Umum

Beresi Kawasan Kumuh, Pemerintah Perbanyak MCK Umum
Beresi Kawasan Kumuh, Pemerintah Perbanyak MCK Umum

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) berupaya menata kawasan kumuh di perkotaan maupun perdesaan dengan membangun sarana mandi, cuci, kakus (MCK). Upaya itu dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh (BSPK) yang sudah berlangsung sejak 2013 silam.

Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Agus Sumargiarto mengatakan, pada 2013 lalu pihaknya mendirikan 760 MCK, Jumlah itu bertambah pada 2014. “Membangun 1550 unit pada 2014 dengan berbagai tipe,” ujarnya di Jakarta, Rabu (19/11).

Menurutnya, tipe MCK yang dibangun antara lain  2-2-2 (2 kamar mandi, 2 tempat cuci, 2 toilet), 3-2-3 (3 kamar mandi, 2 tempat cuci, 3 toilet), dan 5-2-5 (5 kamar mandi, 2 tempat cuci, 5 toilet). Pembangunan fasilitas itu juga dilengkapi drainase pembuangan.

“Program penanganan kumuh dilaksanakan dengan pendekatan kawasan, selain pembangunan MCK juga melakukan pembangunan drainase lingkungan perumahan untuk mendukung lingkungan perumahan yang sehat bagi masyarakat setempat,” terangnya.

MCK tersebut dibangun di kawasan perdesaan maupun sebagian perkotaan bagi masyarakat yang membutuhkan, kawasan terdampak bencana, serta di lembaga pendidikan. Lokasinya tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara (Timur dan Barat) dan  Papua serta Papua Barat.

“Kami berharap masyarakat penerima manfaat diharapkan mengelola dan merawat MCK yang telah diberikan pemerintah melalui Kemenpera sebelumnya,” tandasnya.(esy/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) berupaya menata kawasan kumuh di perkotaan maupun perdesaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News