Garuda Tertua- Laos Termuda

Garuda Tertua- Laos Termuda
Firman Utina. Foto: ok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Tampil di Piala AFF 2014, Timnas Indonesia wajib mematok target juara. Alfred Riedl yang menjadi pelatih saat Timnas menembus final AFF 2010 pun dipanggil kembali. Seperti bernostalgia, banyak pemain dari tim 2010 dipanggil.

Pemain senior berpengalaman memang mengisi Tim AFF kali ini. Itu pula yang membuat skuad Garuda memiliki skuad dengan usia rata-rata tertinggi, mencapai 28,08 tahun. Pemain tertua di tim adalah Cristian Gonzales, striker andalan Riedl  di 2010 silam.

Selain dia, ada banya pemain usia kepala tiga yang dipanggil. Mereka adalah I Made Wirawan (32 tahun), Zulkifly Syukur (30 tahun), M Ridwan (34 tahun), Firman Utina (32 tahun), Raphael Maitimo (30 tahun), dan Sergio Van Dijk (32 tahun).

Tak perlu dibandingkan dengan Vietnam yang hanya membawa dua pemain 30 tahun ke atas, dengan Filipina pun, Indonesia masih lebih banyak. Filipina sudah bisa move on, dengan menepikan beberapa pemain senior seperti Eduard Secapano  dan Ray Anthony Jonsson, sehingga tinggal menyisakan enam pemain.

Meski demikian, Asisten pelatih Wolfgang Pikal menyebut, secara pengalaman dan kualitas fisik, pemain-pemain yang dibawa oleh Riedl, masih mumpuni.

"Ini adalah pemain terbaik yang sudah dipilih oleh pelatih. Jadi tidak ada yang peru dipertanyakan lagi, sekarang kita fokus untuk bisa meraih hasil yang baik," katanya saat ditemui di Bandara sebelum berangkat ke Hanoi, Selasa (18/11) lalu.

Mengejar peluang 25 persen untuk juara, skuad Garuda sejatinya seperti lokomotif tua, yang harus bersaing dengan tim-tim di grup A yang banyak membawa skuad Muda. Laos adalah salah satu tim yang banyak membawa pemain muda, karena itu usia rata-rata pemainnya mencapai 18,9 tahun.

Melihat Timnas lain yang telah banyak melakukan regenerasi, makin jelaslah bahwa AFF bukanlah target utama tim-tim Asia Tenggara yang telah mapan seperti Thailand ataupun Vietnam.

JAKARTA - Tampil di Piala AFF 2014, Timnas Indonesia wajib mematok target juara. Alfred Riedl yang menjadi pelatih saat Timnas menembus final AFF

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News