Penyelundupan Manusia ke Australia Kembali Beroperasi

Penyelundupan Manusia ke Australia Kembali Beroperasi
Penyelundupan Manusia ke Australia Kembali Beroperasi

Setelah lama tak terdengar kabar beritanya, kegiatan penyelundupan manusia melalui perahu dengan tujuan Australia, kini kembali beroperasi. Namun, anehnya, rute yang mereka pilih justru semakin menjauh dari Benua Kanguru.

Sebuah perahu yang mengangkut 34 pencari suaka asal India dan Nepal, dan diawaki dua kru asal Indonesia, mendarat di Kepulauan Yap yang terletak di utara Papua dan di timur Filipina.

Padahal, menurut para penumpang perahu yang tiba di sana Selasa (18/11/2014) lalu, mereka ingin menuju ke Australia. Mereka mengaku diberitahu bahwa dari Pulau Yap mereka akan diberangkatkan ke Australia, atau ke negara lainnya.

Seorang warga Australia yang tinggal di Pulau Yap, Phillipe Dor, mengatakan perahu berwarna hijau ini diawaki dua orang Indonesia yang mengaku dibayar sekitar Rp 15 juta.

Menurut Phillipe Dor, ia berbicara kepada juru mudi perahu yang memberitahu bahwa ia sengaja menuju ke Yap dengan bantuan GPS. Kru Indonesia ini, kata Dor, mengaku dibayar oleh para operator penyelundupan manusia.

"Katanya dari Yap mereka akan dibawa ke Australia atau negara lainnya," kata Dor mengutip penjelasan juru mudi perahu.

Menurut Dor, perbuatan para penyelundup manusia ini benar-benar keterlaluan.

Pihak berwajib di Pulau Yap hingga kini belum tahu bagaimana menangani para pencari suaka tersebut.

Setelah lama tak terdengar kabar beritanya, kegiatan penyelundupan manusia melalui perahu dengan tujuan Australia, kini kembali beroperasi. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News