Riedl Minta Wartawan Vietnam Menjauh saat Timnas Berlatih

Riedl Minta Wartawan Vietnam Menjauh saat Timnas Berlatih
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Foto: dok.JPNN

HANOI - Tim nasional Indonesia kemarin menjalani latihan kedua sejak kedatangan mereka di Hanoi pada Selasa malam (18/11). Kemarin sore Firman Utina dkk berlatih secara full team di lapangan latihan My Dinh Stadium 2, Hanoi.  
      
Di latihan keduanya itu timnas Indonesia menunjukkan keseriusan. Jadwal latihan mereka sebenarnya baru dimulai pada pukul 16.00 sampai dengan 17.30 waktu setempat.

Namun, anak asuh Alfred Riedl itu sudah nongol di lapangan pukul 15.30. Lebih awal 30 menit dari jadwal yang ditentukan. Selesainya latihan pun tetap pada jadwal semula yakni pukul17.30.
      
Setiba di tempat latihan, mereka langsung melakukan pemanasan. Tiga puluh menit berselang, mereka mulai berlatih passing jarak pendek. Latihan berlangsung dengan suasana yang serius.

Setelah berlatih passing pendek mereka melahap latihan selanjutnya yakni kerja sama passing satu kali sentuhan dengan formasi melingkar. Kedua puluh tiga pemain timnas dibagi dalam dua kelompok di sesi latihan ini.
      
Beberapa kali asisten pelatih, Wolfgang Pikal memberikan instruksi dengan berteriak kepada para pemain. "Tempo, tempo, ayo perhatikan tempo," tuturnya.

Sementara itu, Alfred Riedl sang pelatih kepala terus mengamati anak asuhnya. Beberapa kali pria 65 tahun asal Austria itu berputar mengitari para pemain untuk memastikan mereka melakukan gerakan dengan baik.

"Salah satu hal yang paling ingin kami perbaiki adalah mengurangi kesalahan individu. Kami gagal di final pada 2010 melawan Malaysia itu karena kesalahan individu. Bukan tim. Jadi itu yang paling saya khawatirkan terjadi," tuturnya seusal sesi latihan kemarin.  
     
 Setelah berlatih sentuhan satu-dua kurang lebih selama 15 menit, mereka langsung dibagi dalam dua tim untuk scrimmage game. Para pemain dibagi menjadi dua kelompok yakni mereka yang tidak memakai rompi dan yang memakai rompi.
      
Dari pengamatan Jawa Pos, Pemain yang tidak memakai rompi kemungkinan besar adalah mereka-mereka yang disiapkan menjadi starter di laga pembuka melawan Vietnam (22/11).

Peman-pemain tersebut adalah Kurnia Meiga, Zulkifli Syukur, Achmad Jufriyanto, Muhamad Roby, Rizki Rizal Dipora, Raphael Maitimo, Manahati Lestusen, Muhammad Ridwan, Zulham Malik Zamrun, Boaz Salossa, dan Serginho Van Dijk.
      
Ada hal menarik yang terjadi saat latihan timnas hampir usai kemarin. Saat Firman Utina dkk mulai melakukan pendinginan, beberapa wartawan Vietnam ingin mendekat untuk mengambil gambar para pemain.

Namun, secara spontan Riedl yang sedang berdiri melihat anak asuhnya melakukan pendinginan berteriak dan meminta para wartawan untuk menjauh.
      
"Go away, go away," teriaknya sambil memberikan isyarat tangan agar para jurnalis itu unutk menjauh  dari anak asuhnya.     
    
Seperti tidak mau menunjukkan kesan yang terlalu antagonis, setelah latihan usai, Riedl buru-buru mendekati para media sebelum para pemainnya selesai berganti pakaian. Pelatih kelahiran Wina, Austria itu memberikan waktu yang cukup lama untuk para jurnalis mengajukan pertanyaan.
    
"Bukan apa-apa, saya hanya tidak ingin para pemain saya terganggu. Itu saja. Boleh saja anda mewawancarai kami dan mengambil gambar, tapi pada waktunya," ucap Riedl.
    
Timnas sendiri, hari ini akan dijadwalkan berlatih dan mencoba lapangan My Dinh Stadium pada malam hari. Yakni dari pukul 19.30 sampai dengan 20.30.

Pertandingan pertama Indonesia melawan tuan rumah Vietnam sendiri dijadwalkan kick off pada pukul 19.00 Sabtu besok (22/11). (irr)


HANOI - Tim nasional Indonesia kemarin menjalani latihan kedua sejak kedatangan mereka di Hanoi pada Selasa malam (18/11). Kemarin sore Firman Utina


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News