Ini Bahaya Memakai Kondom Terburu-buru

Ini Bahaya Memakai Kondom Terburu-buru
Terburu-buru memakai kondom justru dapat menyebabkan masalah yang meningkatkan risiko infeksi menular seksual. Foto: Istimewa

jpnn.com - UNTUK pasangan yang ingin menunda kehamilan atau tengah mengidap penyakit seksual, kondom seolah menjadi penyelamat dalam hubungan intim. Namun hati-hati, jika Anda bergegas untuk memakai kondom malah justru dapat menyebabkan masalah yang meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

Peneliti menemukan bahwa jika anda menggunakan kondom terlalu terburu-buru maka kondom tersebut justru akan rusak, bocor dan slip.

"Pesannya adalah ambil waktu waktu Anda. Jika Anda akan menggunakan kondom, maka gunakanlah dengan cara yang benar sehingga Anda tentunya akan terhindar dari masalah nantinya," kata peneliti Dr. Lydia Shrier, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (20/11).

"Penelitian sebelumnya mengenai masalah kondom hanya dibatasi pada pria dan pengalaman seksual terakhir mereka," kata Shrier lebih lanjut.

Data penelitian yang digunakan mulai dari tahun 2007 sampai 2011 dari 512 pria dan wanita yang mencari pengobatan di lima klinik kesehatan AS dengan reputasi untuk mendiagnosis dan mengobati infeksi menular seksual.

Para peserta, yang usianya berkisar dari 15 tahun sampai 65 tahun, mencatat kegiatan seksual mereka kedalam buku harian online hingga 180 hari. Secara total, data peneliti menemukan 8.856 kasus seks vaginal antara laki-laki dan perempuan yang termasuk kondom.

Sekitar 7 persen dari para peserta melaporkan sedang terburu-buru saat mengenakan kondom. Lima persen dari peserta melaporkan akibat terlalu terburu-buru maka kondom yang mereka gunakan kondom pecah, melepas dan bocor dibandingkan dengan sekitar 2 sampai 3 persen dari saat-saat ketika mereka tidak terburu-buru.

Selain itu, 22 persen dari orang-orang yang bergegas sambil mengenakan kondom dilaporkan tidak menggunakan kondom selama berhubungan seks, dibandingkan dengan sekitar 14 persen dari orang-orang yang tidak terburu-buru.

UNTUK pasangan yang ingin menunda kehamilan atau tengah mengidap penyakit seksual, kondom seolah menjadi penyelamat dalam hubungan intim. Namun hati-hati,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News