PT TJ Siap Kelola 19.600 Angkutan Umum di DKI

PT TJ Siap Kelola 19.600 Angkutan Umum di DKI
Puluhan angkutan mikrolet dari berbagai jurusan di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Foto: Muhamad Ali/Jawa Pos

jpnn.com - GAMBIR – PT Transportasi Jakarta (TJ) menegaskan siap mengelola 19.600 angkutan umum milik perusahaan swasta di DKI. Setelah berada di bawah satu manajemen, pelayanan angkutan umum diharapkan semakin membaik.

Berdasar data dari Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, 19.600 angkutan di DKI tersebut terdiri atas bus besar dalam kota (1.500 unit), bus sedang seperti Kopaja dan Metromini (3.500), dan mikrolet (14.600).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Muhammad Akbar menjelaskan, 19.600 angkutan umum itu akan memperkuat pelayanan busway di seluruh koridor. Semuanya akan melayani 25 ribu perjalanan setiap hari di dalam kota.

"Mereka menjadi feeder sehingga semua angkutan umum terintegrasi busway," ujarnya, Jumat (21/11).

Integrasi manajemen, lanjut Akbar, berpengaruh besar terhadap kelancaran arus lalu lintas di DKI. Sebab, PT TJ mengikat pengoperasian angkutan umum itu dengan peraturan ketat. Sebagai regulator, PT TJ akan membayar jasa pelayanan angkutan dengan skema pembayaran rupiah per kilometer.

"Jadi lebih tertib jalanan," papar dia.

Terkait rencana tersebut, Akbar menyatakan heran dengan penolakan Organda DKI. Dia mengungkapkan, modernisasi pengelolaan angkutan umum mendesak.

”Aneh kalau ditolak. Padahal, dengan disatukannya pengelolaan angkutan umum, pendapatan mereka lebih terjamin, lebih pasti,” tegasnya.

GAMBIR – PT Transportasi Jakarta (TJ) menegaskan siap mengelola 19.600 angkutan umum milik perusahaan swasta di DKI. Setelah berada di bawah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News