Bersih - Bersih, Pungut Sampah di Pantai

Bersih - Bersih, Pungut Sampah di Pantai
Bersih - Bersih, Pungut Sampah di Pantai

jpnn.com - BANYUWANGI - Rangkaian peringatan Thanksgiving Day yang dilakukan Dubes Amerika Serikat (AS) Robert O. Blake untuk Indonesia di Banyuwangi berlanjut. Setelah mengunjungi Kemiren, desa adat Suku Osing, dan berdialog dengan masyarakat setempat pada Kamis (20/11), Blake melanjutkan lawatannya dengan melakukan bersih-bersih Pantai Boom kemarin pagi (21/11).

Setiba di Pantai Boom, Blake ''disuguhi'' pengalaman lain. Dia dan rombongan diplomat negara adidaya tersebut diajak melepas tukik (anak penyu, Red) ke laut. Setelah melepas tukik, Blake bersama istri, Sofia Blake, dan Konsul Jenderal AS di Surabaya Joaquin F. Monseratte, serta Bupati Abdullah Azwar Anas bersama Ny Dani Anas turun memunguti sampah di ka­wasan Pantai Boom. Ratusan pelajar dari Banyuwangi dan sekitarnya ikut serta dalam kerja bakti bersih-bersih pantai pagi itu.

Sambil memegang kantong plastik, Blake menyisir bibir pantai. Sesekali dia menunduk untuk memungut sampah yang tercecer di atas pasir pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi tersebut.

''Kesan pertama saya, pantainya indah dan bersih. Niat saya datang ke sini (Pantai Boom, Red) untuk ikut kerja bakti. Ternyata, pantainya sudah bersih sehingga tidak banyak sampah yang kita ambil,'' ujarnya.

Blake mengaku sangat senang bisa melepas tukik ke alam bebas. Dia juga terkesan dengan kehadiran pemuda-pemudi dalam kerja bakti tersebut. ''Jika pantai (Boom) ini bersih, akan banyak wisatawan yang datang. Polusi laut juga bisa berkurang. Banyuwangi berada di posisi yang sangat strategis untuk mendukung program penguatan maritim seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,'' paparnya.

Selesai kerja bakti, Blake bersama rombongan menanam pohon di tepi jalan kawasan Pantai Boom. Selanjutnya, Blake menikmati sarapan di deretan kursi yang menghadap ke Selat Bali. ''Luar biasa, sarapan di tempat seindah ini sangat berkesan bagi saya,'' pujinya. (sgt/bay/JPNN/c20/dwi)


BANYUWANGI - Rangkaian peringatan Thanksgiving Day yang dilakukan Dubes Amerika Serikat (AS) Robert O. Blake untuk Indonesia di Banyuwangi berlanjut.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News