Masalah Bertemu Masalah

Masalah Bertemu Masalah
Arsenal. FOTO: AFP

jpnn.com - LONDON - Terlalu jauh mengaitkan duel Arsenal kontra Manchester United malam nanti dengan perburuan gelar juara Premier League musim ini. Posisi paling realistis bagi keduanya ialah berburu slot terakhir Liga Champions alias memburu peringkat keempat. 

Musim ini keduanya memang sedang drop. Manajer Arsenal tidak bisa mengatasi keroposnya barisan pertahanannya setelah banyak bek yang cedera. Sebut saja Mathieu Debuchy dan Laurent Koscielny. Debuchy out sejak mengalami kerusakan ligamen di bagian engkel September lalu. Sedangkan Koscielny cedera achilles sebulan berikutnya.

Situasi tersebut memaksa Wenger memainkan pemain 19 tahun Calum Chambers dan Nacho Monreal. Sebagai pemain muda, keduanya tentu belum terbiasa dengan laga ketat penuh tekanan melawan United malam nanti.

Dengan selisih yang cukup jauh dari pemuncak klasemen Chelsea (12 poin), bek Arsenal Per Mertesacker menilai, peluang timnya sangat berat. ''Jarak kami terlalu jauh. Jujur saja, kami tidak bisa mengejar mereka,'' kata bek asal Jerman itu kepada Arsenal TV.

Hal senada juga diungkapkan Wenger. Menurut dia, krisis lini belakang membuat pemain muda, mau tidak mau, harus menggantikan seniornya. Masalahnya, kualitas mereka tidak sama. ''Kami kalah pengalaman. Kami kehilangan dua pemain yang sangat penting, Debuchy dan Koscielny,'' kata Wenger di situs resmi klub.

Pelatih berpaspor Prancis itu mengakui bahwa pertahanan adalah kompartemen terlemah dalam skuadnya. Di bagian tengah dan depan, The Gunners -julukan Arsenal- bisa bersaing. Mereka termasuk dua tim teratas yang paling cepat merebut bola dan banyak beroperasi di daerah krusial lawan.

Problem lain Arsenal adalah finishing. Banyak peluang yang tidak bisa dikonversikan menjadi gol. ''Kami harus membenahi itu lebih serius,'' kata Wenger.

Di bagian lain, United juga sedang bermasalah. Sembilan pemain mereka absen karena cedera. Empat di antara mereka adalah pemain mahal yang didatangkan demi menyelamatkan klub. Yakni, Daley Blind (cedera lutut), Luke Shaw (hamstring), Marcos Rojo (dislokasi bahu), dan Radamel Falcao (cedera betis). Praktis, harapan kini bertumpu kepada Wayne Rooney dan Robin van Persie.

''Kami bisa mengandalkan Rooney. Dia adalah penyerang tengah yang berbahaya. Dia menjebol gawang David Seaman (kiper legendaris Arsenal, Red) saat usianya 16 tahun. Kami akan kembali memercayakan laga ini kepadaya,'' kata Van Gaal sebagaimana dikutip ESPN(aga/c4/ca)

Perkiraan Pemain 

Arsenal (4-2-3-1): 1-Szczesny (g); 21-Chambers, 4-Mertesacker, 18-Monreal, 3-Gibbs; 16-Ramsey, 20-Flamini; 15-Oxlad-Chamberlain, 17-Sanchez, 19-Cazorla; 23-Welbeck.

Pelatih: Arsene Wenger

Manchester United (4-2-3-1): 1-De Gea (g); 25-Valencia, 12-Smalling, 4-Jones, 3-Shaw; 16-Carrick, 31-Fellaini; 11-Januzaj, 10-Rooney, 7-Di Maria; 20-Persie.

Pelatih: Louis van Gaal


LONDON - Terlalu jauh mengaitkan duel Arsenal kontra Manchester United malam nanti dengan perburuan gelar juara Premier League musim ini. Posisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News