Berantas Korupsi Ibarat Berharap PSSI Juara Dunia

Berantas Korupsi Ibarat Berharap PSSI Juara Dunia
Berantas Korupsi Ibarat Berharap PSSI Juara Dunia

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Program Prisma Resource Centre Suhardi Suryadi‎ mengibaratkan memberantas korupsi atau pungutan liar seperti mengharapkan PSSI juara dunia. Karena itu, perlu perubahan mental di lingkungan birokrasi.

"Dalam kaitan memberantas korupsi ataupun pungli sama dengan mengharapkan PSSI juara dunia," kata Suhardi dalam diskusi‎ Revolusi Mental Layanan Publik di Cikini, Jakarta, Sabtu (22/11).

Menurut Suhardi, birokrat di tanah air tidak saja menjadikan birokrasi sebagai unit pelayanan, tetapi juga menjadi unit ekonomi. ‎Karena itu, korupsi maupun pungli berkembang menjadi bisnis yang rente. 

"Ini menjadi persoalan dari hulunya mulai dari sistem rekrutmen sampai sistem pelaksanaannya menjadi unit-unit yang memang bekerja dalam konteks ekonomi rente," ujar Suhardi.

Oleh karena itu, Suhardi menyatakan saat ini yang menjadi pertanyaan, apakah pemerintahan Jokowi mampu mengendalikan birokrasi yang sudah mengakar seperti itu. "Karena buktinya eknomi rente di dalam konteks birokrasi ini sudah menjadi bagian dari sarana mobilitas sosial," ucapnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Program Prisma Resource Centre Suhardi Suryadi‎ mengibaratkan memberantas korupsi atau pungutan liar seperti mengharapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News