Khasiat Lipstik Ekstrak Cokelat

Khasiat Lipstik Ekstrak Cokelat
Khasiat Lipstik Ekstrak Cokelat

jpnn.com - SURABAYA - Sering merasakan bibir kering? Sepanjang mengenakan lipstik biasa, Ika Puspita Sari harus menggunakan pelembab agar bibirnya tidak kering. Kini mahasiswa Unika Widya Mandala itu nyaman dengan lipstik karya sendiri: lipstik dari ekstrak cokelat.

Mahasiswa fakultas farmasi tersebut menyusun penelitian berjudul Formulasi Sediaan Lipstik Ekstrak Etanol Biji Cokelat (Theobroma Cacao L.) dalam Bentuk Likuid. Ika bukan coba-coba. Sebelum meracik butiran cokelat, dia membaca berbagai referensi berupa jurnal-jurnal ilmiah.

''Ternyata, cokelat cocok untuk lipstik. Kebetulan, saya juga suka cokelat,'' ujarnya kemarin (21/11). Membuatnya pun mudah. Siapkan biji cokelat dari tanaman. Kemudian, ditambahkan etanol dan asam sitrat hingga kental. Setelah itu, hasilnya ditumbuk dan digiling hingga jadi ekstrak. Dengan beberapa tambahan, ekstrak tersebut bisa jadi lipstik cair.

''Ini lebih alami dan aman. Tidak ada bahan kimia yang berbahaya,'' terangnya. Ika mengaku membutuhkan waktu setahun untuk menelitinya. Dia berencana mengembangkan warna lipstik karyanya itu.''Mungkin warna-warna lain juga,'' tuturnya. (der/c20/roz)


Berita Selanjutnya:
Table Manner ala Tunanetra

SURABAYA - Sering merasakan bibir kering? Sepanjang mengenakan lipstik biasa, Ika Puspita Sari harus menggunakan pelembab agar bibirnya tidak kering.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News