10 Tahanan Polisi Terjangkit HIV

10 Tahanan Polisi Terjangkit HIV
10 Tahanan Polisi Terjangkit HIV. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sekitar 10 orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV). Dua diantaranya adalah tahanan berjenis kelamin wanita.

Hal itu hasil pemeriksaan kesehatan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan (Jaksel) dan diawasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kharisma mengambil sampel darah 303 tahanan.

"Hasil uji laboratorium dari sample darah yang diambil, dari para tahanan Narkoba terdapat delapan orang laki-laki dan dua wanita yang positif terjangkit HIV," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Musyafak seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Sabtu (22/11).

Musyafak mengklarifikasi, sebetulnya jumlah tahanan yang diperiksa, Jumat (21/11), kemarin bukanlah 303, akan tetapi 270 orang penghuni Rutan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, yang terdiri dari 145 orang laki-laki dan 125 orang wanita. Itupun, kata dia, tidak seluruhnya menjalani pemeriksaan darah karena lima orang tahanan mengajukan keberatan sehingga hanya 265 orang saja yang dites kesehatannya.

"Kelima orang yang menolak tahanan laki-laki semua sehingga tidak dilakukan pemeriksaan darah," tegasnya.

Dia menyatakan, ke-10 orang tahanan yang terindikasi HIV, akan diisolasi dan menjalani pengobatan serta pendampingan untuk konseling rutin secara gratis. Tujuannya, agar tidak berkembang terserang Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). "Mereka baru terjangkit HIV belum terindikasi terkena AIDS. Jadi masih bisa untuk sembuh," tandas Musyafak.

Diisolasinya mereka, sambung Musyafak, untuk menghindari menjangkiti para rekan lainnya, karena apabila tidak dipisahkan, antara tahanan yang terjangkit HIV dengan penghuni lainnya kemungkinan besar mereka dalam menggunakan alat pribadi seperti alat cukur dan sikat gigi masih bersama.

"Karena tidak mungkin nama mereka diumumkan. Kami merahasiakan mereka dari teman-teman yang lainnya. Alasannya, untuk menjaga agar mereka tidak dicemooh dan dijauhi oleh lingkungannya. Kan kasian bila seperti itu," tuturnya.

JAKARTA - Sekitar 10 orang penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News