Bandung Pertama Terapkan E-Samsat

Bandung Pertama Terapkan E-Samsat
Bandung Pertama Terapkan E-Samsat

jpnn.com - COBLONG – Jawa Barat selalu menjadi barometer dalam segi apapun, baik politik hingga kebudayaan. Tidak terkecuali dalam pelayanan publik.

 

Bertempat di Cihampelas Walk, kemarin (22/11), Dinas Pendapatan Daerah Jawa Barat dan Kepolisian Daerah Jawa Barat meluncurkan e-Samsat. Fasilitas ini diharapkan bisa mempercepat layanan pembayaran pajak kendaraan bagi masyarakat.

Kepala Polda Jabar Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan mengklaim, pihaknya menjadi yang pertama dalam pelayanan pajak kendaraan secara online.

’’Yang jelas kita menjadi yang pertama di antara provinsi dan kota lainnya. Kita akan memberikan edaran kepada seluruh daerah di Jawa Barat,’’ ujar Iriawan.  

Dia menjelaskan, e-Samsat adalah cara agar masyarakat tahu jumlah pajak yang harus dibayar. Nanti, warga hanya perlu memasukkan nomor pajak dan kendaraan mereka. ’’Nanti diklik. Kemudian akan keluar berapa pajak yang harus dibayarkan dan datang ke Samsat untuk melakukan pembayaran,’’ terangnya.

Pelayanan e-Samsat ini, kata dia, memiliki banyak manfaat. Baik untuk kepolisian, Dispenda hingga masyarakat. Keuntungan itu, seperti dikatakan Iriawan, dapat memangkas birokrasi juga tidak adanya pungutan liar.

’’Manfaatnya banyak, seperti memangkas birokrasi, tidak ada pungli, keamanan, dan tidak ada praktik percaloan,’’ papar mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu.

COBLONG – Jawa Barat selalu menjadi barometer dalam segi apapun, baik politik hingga kebudayaan. Tidak terkecuali dalam pelayanan publik.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News