Cikarang Dry Port Siap Hadapi MEA 2015

Cikarang Dry Port Siap Hadapi MEA 2015
Cikarang Dry Port Siap Hadapi MEA 2015

jpnn.com - JAKARTA -- Benny Woenardi, Managing Director PT Cikarang Inland Port, mengatakan, Cikarang Dry Port (CDP) berhasil membuktikan diri sebagai pelabuhan darat terintegrasi pertama di Indonesia yang diakui Asia.

Menurutnya, hal ini menjadi modal CDP untuk mendukung dan memperlancar kegiatan kepelabuhan di Tanjung Priok serta meningkatkan daya saing indonesia menjelang MEA 2015.

"Kami berhasil membuktikan sebagai pelabuhan yang terintegrasi pertama di Indonesia yang diakui pelaku logistik Asia. Kami juga siap mendukung dan memperlancar dwelling time di pelabuhan di Tanjung Priok serta menyediakan solusi konektivitas intermoda yg terigrasi," ujar Benny Woenardi, Managing Director PT Cikarang Inland Port, pengelola Cikarang Dry Port, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/11).

Pengakuan industri logistik Asia ini memang pantas disematkan kepada Cikarang Dry Port yang berkomitmen menjadi Integrated Port Logistics Facilities.

Hanya dalam waktu 4 tahun, sejak  pertama  kali  dibangun  pada  2010,  perkembangan  Cikarang  Dry  Port  sebagai pelabuhan alternatif dan kepanjangan (spoke) dari Pelabuhan Tanjung Priok cukup progresif dan menjanjikan dengan terobosan layanan intermoda yg memadukan pelayanan pelabuhan international (export – import) dan distribusi domestik yg berbasis kepada angkutan kereta api, laut dan darat (intermoda terpadu).

Fakta lainnya, jika pada 2012 hanya ada 7 customers/shipper, sekarang hingga Oktober 2014 sudah ada 300 lebih shipper dan buyer yang memindahkan kegiatannya dari Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port.

“Dengan fasilitas dan layanan yang semakin membaik dan pengakuan dari pelaku logistik, kami akan menjadikan utilisasi Cikarang Dry Port lebih baik lagi untuk mendukung kegiatan logistik dan supply chain industri di Jabodetabek khususnya dan Indonesia pada umumnya,”sambungnya.

Peningkatan jumlah layanan jasa kepelabuhan ini tentu saja berdampak kepada kapasitas pemakaian lahan di Cikarang Dry Port.

JAKARTA -- Benny Woenardi, Managing Director PT Cikarang Inland Port, mengatakan, Cikarang Dry Port (CDP) berhasil membuktikan diri sebagai pelabuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News