Siapkan Deklarasi Ikatan Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara

Siapkan Deklarasi Ikatan Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara
Siapkan Deklarasi Ikatan Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah tokoh agama Islam dari negara-negara di Asia Tenggara akan mendeklarasikan Ikatan Ulama dan Da'i di Depok, Jawa Barat. Deklarasi itu akan digelar bersamaan dengan muktamar I pada 28-29 November 2014.

Deklarasi dan muktamar I Ikatan Ulama dan Da'i se-Asia Tenggara nanti akan menampilkan tema "Membangun Peradaban Asia Tenggara dengan Prinsip Moderat". Momen yang rencananya dihadiri ratusan peserta dari kalangan ulama dan da'i dari negara-negara ASEAN dan Timor Leste ini adalah untuk menegaskan eksistensi keteladanan ulama Islam serta sebagai wadah konsolidasi para ulama dan da'i se-Asia Tenggara.

Rencananya, acara itu juga akan dihadiri tokoh-tokoh Islam dari birokrat dan penasihat yang akan memberikan sambutan, yakni Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Hamzah Zainuddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, tokoh Islam dari Thailand Ismail Luthfi, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin, serta Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid yang akan menjadi pembicara utama.

Panitia sekaligus inisiator acara, Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan, dasar pemikiran dan pertimbangan dideklarasikannya organisasi itu karena kehadiran ulama dan da'i di tengah umat Islam sebagai referensi nyata masih terus berlangsung. "Pada saat legitimasi umat Islam menurun terhadap ketokohan semu, maka nilai-nilai agama Islam hanya dianggap sebagai pemanis untuk sebuah kepentingan," ungkap Zaitun dalam siaran persnya, Minggu (23/11).

Dia berharap ulama dan da'i sebagai pendakwah yang menyerukan nilai-nilai kebenaran dapat menjadi tokoh panutuan masyarakat muslim. Dengan ilmu pengetahuan dan integritas tinggi dari ulama dan da'i, umat Islam diharapkan dapat memberikan solusi tentang terhadap figur pemimpin ideal.(boy/jpnn)

 


JAKARTA - Sejumlah tokoh agama Islam dari negara-negara di Asia Tenggara akan mendeklarasikan Ikatan Ulama dan Da'i di Depok, Jawa Barat. Deklarasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News