Ical Maju Lagi, Golkar Hadapi Musibah Besar

Ical Maju Lagi, Golkar Hadapi Musibah Besar
Ical Maju Lagi, Golkar Hadapi Musibah Besar

jpnn.com - JAKARTA - Dosen ilmu politik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar yang akan digelar dalam waktu dekat ini merupakan ujian kedewasaan bagi para politikus di partai yang kini dipimpin Aburizal Bakrie itu. Menurut Syarwi, sikap ngotot Aburizal untuk maju lagi sebagai Ketua Umum Golkar justru akan menjadi musibah bagi partai pemegang posisi runner up di Pemilu Legislatif 2014 itu.

"Saya melihat ini adalah ujian. Musibah paling besar terhadap Golkar. Bukan Golkar kehilangan suara, namun musibah Golkar adalah majunya Ical (Aburizal Bakrie, red) kembali menjadi salah satu kandidat ketua umum," ujar Ipang sapaan akrabnya, Minggu (23/11).

Seperti diketahui, selain Ical saat ini terdapat tujuh nama lain yang siap maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar. Mereka adalah Agung Laksono, Priyo Budi Santoso, MS Hidayat, Zainuddin Amali, Agus Gumiwang, Hajriyanto Thohari dan Airlangga Hartanto.

Namun, Syarwi melihat Golkar sekarang sedang menghadapi oligarki kepartaian. Sebab di tengah dinamika politik yang luar biasa, masih ada elite Golkar yang berupaya membangun partai dengan gaya kuno.

"Isu yang tak sedap karena majunya Ical kembali. Jadi elite Golkar sedang memulai membangun partai dengan gaya kolot atau gaya lama," tandasnya.(rmo/jpnn)

JAKARTA - Dosen ilmu politik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News