Pengembang Belum Siap Bangun Rusun

Pengembang Belum Siap Bangun Rusun
Pengembang Belum Siap Bangun Rusun

jpnn.com - SURABAYA - Langkah pemerintah untuk menggenjot pembangunan rumah susun bersubsidi belum diikuti dengan kesiapan dari pengembang. Pasalnya membutuhkan modal yang besar untuk membangun flat.

Ketua DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jatim Aditya Setiawan mengatakan belum semua pengembang siap beralih dari yang semula merupakan developer rumah tapak ke rumah susun.

Alasan pertama menyangkut modal kerja. Diperkirakan, modal yang disiapkan untuk membangun rumah susun mencapai tiga kali lipat dari pembangunan rumah tapak. Memang dari segi harga, harga jual rumah susun bersubsidi juga jauh lebih tinggi timbang rumah tapak.

Sedangkan alasan kedua menyangkut teknis pembangunan rumah susun. Selama ini pengembang terbiasa membangun rumah tapak satu lantai. Berbeda dengan flat yang merupakan hunian vertikal dengan bangunan lebih dari dua lantai.

"Nah ini tentu memerlukan tenaga ahli yang memang mampu membangun hunian bertingkat. Sementara mayoritas merupakan pengembang rumah tapak," urainya.

Oleh karena itu ketika pemerintah memutuskan untuk menggenjot pembangunan flat, lanjut ia, harus diikuti dengan kesiapan pengembang. Saat ini pengembang masih menunggu kebijakan pemerintah mengenai rumah bersubsidi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pemerintah berencana menghapus fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan untuk rumah tapak dan menggantinya untuk rumah susun. Tapi kemudian, ada wacana dari pemerintah untuk tetap menjalankan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan untuk rumah tapak dengan persyaratan khusus.

Sementara itu, berdasar data yang dirilis Bank Indonesia mengenai penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan hingga September tahun ini sudah sebanyak 29.471 unit dengan nilai Rp 1,652 triliun.

SURABAYA - Langkah pemerintah untuk menggenjot pembangunan rumah susun bersubsidi belum diikuti dengan kesiapan dari pengembang. Pasalnya membutuhkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News