Menteri Susi Harapkan LSM Bantu Perekonomian Korban Bencana

Menteri Susi Harapkan LSM Bantu Perekonomian Korban Bencana
Menteri Susi Harapkan LSM Bantu Perekonomian Korban Bencana

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyoroti peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam menanggulangi bencana besar. Ia berharap peran organisasi nirlaba tidak hanya sebatas memberikan bantuan fisik, tetapi ditingkatkan juga dalam pemberdayaan ekonomi.

Hal itu ia sampaikannya saat membuka seminar dalam rangka memperingati 10 tahun bencana gempa dan tsunami Aceh di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (24/11). “Kehidupan ekonominya itu harus dihidupkan, jadi bukan cuma dikasih rumah, Indomie. Ekonomi ini harus dihidupin. Misalnya dikasih pasar, jadi mereka tidak perlu bantuan lagi," ujarnya.

Ia menilai organisasi LSM juga mampu menghidupkan kembali pasar dan perekonomian di wilayah yang baru saja terkena bencana alam. Karenanya, bos maskapai Susi Air ini berharap peran NGO tidak hanya sekadar memberikan bantuan fisik saja, tapi mampu juga membangun kembali perekonomian di wilayah yang terkena bencana.

Susi mengaku merasa sedih saat melihat perekonomian di daerah yang mengalami bencana. Sebab, warga korban bencana hanya sesaat saja mendapatkan bantuan.

"Kalau dengan cerita bencana tingkat nasional atau lokal itu aku cerita tentang Pangandaran, karena tidak masuk dalam bencana nasional. Kita tidak mendapat bantuan yang meringankan masyarakat," ungkap pengusaha asal Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat itu.(chi/jpnn)
 


JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyoroti peran lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam menanggulangi bencana besar. Ia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News