Firman-Samsul Bisa Starter

Firman-Samsul Bisa Starter
Pemain Timnas Indonesia, Firman Utina. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - HANOI - Para pemain timnas Indonesia kemarin menjalani latihan siang hari yakni pada pukul 14.30.

Firman Utina dkk mengawali latihan dengan jogging bersama mengelilingi lapangan My Dinh 2. Tidak lama berselang latihan dilanjutkan dengan passing jarak pendek dan passing lambung jarak jauh.
      
Selanjutnya, pada pukul 14.45 mereka membentuk dua kelompok untuk scrimmage game. Dalam latihan tersebut, mulai tampak bahwa Alfred Riedl diperkirakan bakal mencoba formasi pasukan berbeda untuk menghadapi Filipina sore nanti.
      
Firman Utina dan Samsul Arif kemungkinan besar bakal dimasukkan menjadi starting eleven di pertandingan kali ini. Itu terlihat di mana keduanya berlatih bersama barisan pemain inti.

Firman dan Samsul masuk menggantikan Manahati Lestusen dan Boaz Salossa yang di latihan kemarin berlatih bersama para pemain cadangan.
      
"Saya belum menetukan. Itu akan ditentukan besok (hari ini, Red) sebelum pertandingan. Siapapun yang akan saya turunkan itu adalah berdasarkan pertimbangan tim. Setiap pemain yang saya bawa ke turnamen ini  adalah pemain terbaik. Tidak ada pemain yang paling menonjol di tim ini. Semua sama," jelas Riedl seusai latihan.
      
Sementara iru, dari semua pemain timnas yang menjalani latihan, hanya Imanuel Wanggai yang tampak berlatih secara terpisah bersama tim medis timnas. Riedl menyebutkan bahwa pemain Persipura itu sedikit mendapatkan cedera minor. "Dia hanya perlu sedikit istirahat. Tidak ada sesuatu yan besar," jelasnya.
      
Latihan kemarin diakhiri dengan latihan finishing touch. Seluruh pemain diasah akan kemampuan tendangan jarak jauh dan kemampuan menyambut umpan silang. Latihan terakhir timnas sebelum menyambut laga melawan Filipina itu berakhir pada pukul 15.30.
      
Samsul Arif yang ditemui seusai latihan mengaku siap jika memang dirinya akan dipasang sebagai starter. Penyerang Arema Cronus itu akan berusaha memberikan kemampuan terbaiknya seperti pada laga pertama.

"Harus siap. Semua saya serahkan ke pelatih tentang pemain yang akan diturunkan. Ini untuk kepentingan tim secara keseluruhan," jelas pemain yang mencetak gol kedua Indonesia saat melawan Vietnam itu.
      
Sementara itu Achmad Jufriyanto, pemain bertahan timnas juga mengaku siap untuk kembali tampil kompak bersama Muhamad Roby di jantung pertahanan. Itu jika Riedl kembali mempercayakan jantung pertahanan timnas kepada duo center back lokal ini.
    
Pertahanan timnas di pertandingan sore nanti diyakini memang bakal mendapatkan tekanan yang tidak kalah kuat seperti saat melawan Vietnam. Barisan pemain Filipina memiliki postur ideal dan kelincahan menjadi tantangan berat Achmad Jufriyanto dkk.
      
Manuel Ott misalnya. Meski baru berusia 22 tahun, pemain bernomor punggung delapan itu menjadi pengatur serangan yang efektif di lini tengah the Azkals julukan Filipina pada laga melawan Laos.
      
Selain itu, striker sekaligus kapten, Philip Younghusband kembali siap mengancam gawang Kurnia Meiga dengan tendangan maupun tandukan kepalanya yang jitu. Seperti yang dia peragakan saat membobol gawang Laos pada menit ke 45 di pertandingan pertama lalu.
      
Sementara itu, Filipina di latihan terakhirnya memilih unuk berlatih pada sore menjelang petang yakni pada pukul 18.00 sampai 19.30. Mereka memilih latihan tertutup tanpa boleh diliput oleh para media.

Awak media hanya boleh mengambil gambar saat Philip Younghusband dkk melakukan pemanasan.

"Ayolah, tidak ada yang spesial di latihan kami satu hari menjelang pertandingan. Hanya recovery biasa," jelas Dooley sambil tersenyum kepada pada pemburu berita.(irr)


HANOI - Para pemain timnas Indonesia kemarin menjalani latihan siang hari yakni pada pukul 14.30. Firman Utina dkk mengawali latihan dengan jogging


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News