Indospring Bantah Larang Karyawatinya Berjilbab

Indospring Bantah Larang Karyawatinya Berjilbab
Indospring Bantah Larang Karyawatinya Berjilbab

jpnn.com - KEBOMAS - Pelarangan jilbab bagi karyawati PT Indospring terus bergulir. Setelah meminta Disnaker Gresik menegur keras perusahaan pegas itu, Wakil Bupati Mohammad Qosim berjanji akan mengirimkan jilbab.

Jilbab bantuan Wabup Gresik ini bisa dipakai saat bekerja jika manajemen PT Indospring mencabut larangan pengenaan berhijab. Komitmen Wabup Mohammad Qosim disampaikan saat memimpin klarifikasi antara manajemen PT Indospring dengan sejumlah ormas keagamaan di Kantor Bupati Gresik, kemarin. Ormas yang hadir di antaranya PC GP Anshor Gresik, Ketua DMI Gresik, Ketua Muslimat Gresik, Ketua Fatayat Gresik.

“Kalau memang tidak ada larangan, saya akan mengirimkan bantuan jilbab untuk karyawati yang muslim di Indospring. Dan sebaiknya aturan melarang perempuan muslim berjilbab itu tidak ada, apalagi di Gresik yang dikenal sebagai Kota Santri,” imbau Wabup Mohammad Qosim.

Kepada undangan yang hadir, Wabup Qosim meminta persoalan jilbab dilihat langsung ke pabrik. Wabup juga meminta kepada pihak Disnaker Gresik dan PT Indospring agar sesegera mungkin membuat standar operasional (SOP) bagi karyawati berjilbab sesuai pertimbangan K3.

Tentang SOP Jilbab ini juga dituangkan pada kesepakatan yang ditandatangi oleh perwakilan Manajemen PT. Indospring, Dedy Kurniawan dan Kepala Disnakertrans Gresik, Mulyanto.

Sebelumnya, pertemuan klarifikasi sempat berjalan alot. Sebab, dalam penjelasannya PT Indospring menegaskan, mereka tidak pernah melarang karyawati mengenakan jilbab.

“Manajemen kami tidak melarang jilbab, baik larangan secara lisan maupun tertulis,” ujar kepala Personalia Umum PT Indospring, Dedy Kurniawan dalam forum itu.

Disebutkan, manajemen hanya menunjukkan seragam resmi perusahaan terutama yang ada di bagian produksi. Di bagian produksi ada 1.600 karyawan semuanya laki-laki.

KEBOMAS - Pelarangan jilbab bagi karyawati PT Indospring terus bergulir. Setelah meminta Disnaker Gresik menegur keras perusahaan pegas itu, Wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News