Taruna TNI-Polri Menempuh Pendidikan Bersama

Taruna TNI-Polri Menempuh Pendidikan Bersama
Taruna TNI-Polri Menempuh Pendidikan Bersama

jpnn.com - JAKARTA - Pendidikan bersama antara taruna calon perwira Polri dan TNI akan dilaksanakan pada 2015 mendatang. Rencananya pendidikan bersama itu akan digelar di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Hal itu karena lokasi di Magelang paling luas dibandingkan Akademi Kepolisian di Semarang, Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta, atau Akademi Angkatan Laut di Surabaya, Jawa Timur.

"Sedang dihitung apakah (pendidikan bersama itu) dilaksanakan tiga bulan atau empat bulan saja. Tidak akan sampai satu tahun," ungkap Kapolri Jenderal Sutarman di Mabes Polri, Rabu (26/11).

Menurut Sutarman, tujuan pendidikan ini adalah untuk menjalin hubungan bersama TNI dan Polri. Materinya, ia menjelaskan, yakni pembentukan karakter bangsa dan disiplin. Mantan Kepala Bareskrim Polri ini optimistis pendidikan bersama itu tetap  berdampak positif sepanjang konflik antara TNI-Polri yang beberapa kali terjadi tidak dipandang sebagai konflik institusi melainkan individual.

"Masalah-masalah itu bisa diselesaikan. Yang jadi persoalan itu kalau komandannya ikut-ikutan mendukung apa yang dilakukan oleh anak buah. Komandan harus bisa mengatur anak buah. Apapun bentuk konflik maka itu tidak bisa dibenarkan," katanya.

Hanya saja, untuk bintara dan tamtama TNI-Polri hampir tidak ada kesempatan untuk dididik bersama karena persoalan jumlah. 

Selama ini, para bintata polisi dididik di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. (boy/jpnn)


JAKARTA - Pendidikan bersama antara taruna calon perwira Polri dan TNI akan dilaksanakan pada 2015 mendatang. Rencananya pendidikan bersama itu akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News