Tips Pintar Memilih Gas Spontan

Tips Pintar Memilih Gas Spontan
Tips Pintar Memilih Gas Spontan. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Aplikasi gas spontan udah jadi bumbu wajib buat modilover penyuka style racing. Banyaknya produk aftermarket gas spontan, membuat kita harus kritis, jeli dan pintar dalam memilih gas spontan yang dianjurkan berkualitas. Yuk simak beberapa trik memilih gas spontan berkualitas yang disarikan Tabloid Ototrend (Grup Jawa Pos).

KELENGKAPAN FITUR
    
Kebanyakan gas spontan yang beredar di pasar banyak yang tak dilengkapi piranti khusus yang mendukung operasional sistim kelistrikan motor. Nah sebaiknya, cari gas spontan yang dilengkapi piranti-piranti penting, seperti saklar engine stop dan juga tombol starter elektrik. Pastinya keberadaannya amat sangat mendukung operasional motor meski konsekwensinya, kita kudu ngerogoh uang lebih untuk menebus produk ini.

PANJANG JARI-JARI KEPALA SELONGSONG GAS
    
Panjang-pendek jarak bibir lubang selongsong terhadap pengait kabel gas sangat menentukan unjuk kerja gas spontan. Di pasar, terdapat beragam ukuran jari-jari selongsong gas spontan, dari 1 centi hingga 2 centi. Untuk mendapatkan tarikan cepat, ringan serta untuk mengimbangi aplikasi karburator berinlet besar yang notabenenya punya trek lintasan skep karburator lebih panjang, pilih jari-jari selongsong gas yang paling besar.

LINER KABEL GAS
    
Liner kabel gas merupakan rumah lintasan untuk kabel gas, tugasnya untuk memuluskan gerak tarik-ulur kabel di area belokan gas spontan. Selain bentuk seperti di gambar, liner kabel gas juga ada yang berbentuk roll. Dalam pemilihannya, perhatikan juga bagian dalamnya, apa gas spontan pilihan kita dilengkapi atau tidak dilengkapi liner.

KERAPATAN KUPING SELONGSONG
    
Ini diartikan kerapatan antara kuping selongsong terhadap rumah gas spontan. Usahakan untuk memilih gas spontan yang kuping selongsongnya tak longgar alias oblak. Tujuannya, selain untuk mempermulus kerja gas spontan, juga untuk memperpanjang umur gas spontan. Kelonggaran bisa menyebabkan gesekan terus-menerus antara kuping selongsong terhadap dinding rumah gas psontan. Gesekan ini bisa menggerus kuping dan semakin merusak kuping gas spontan.

KUALITAS BAHAN SELONGSONG GAS
    
Pemilihan kualitas bahan selongsong gas spontan sangat berhubungan erat dengan umur pakai gas spontan. Sebaiknya pilih bahan plastik yang memiliki kualitas bagus, yang gampang ditandai dengan kerapian pengerjaan dari selongsong gas tersebut.

KUALITAS KAWAT KABEL GAS
    
Terdapat dua jenis kawat yang banyak diaplikasi produk gas spontan, pertama kawat anti pelindung, kedua adalah kawat dengan selongsong pelindung dari plastik getas. Pilihan kawat berpelindung, otomatis akan lebih menguntungkan, karena selain gerak tarik-ulurnya berjalan mulus tanpa hambatan berarti, kawat ini akan terhindar dari karat apabila rumah kabel gasnya berkarat karena minim pelumas. (ototrend/jpnn)   


Aplikasi gas spontan udah jadi bumbu wajib buat modilover penyuka style racing. Banyaknya produk aftermarket gas spontan, membuat kita harus kritis,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News