Pembentukan Berau Pesisir Selatan Belum Jelas

Pembentukan Berau Pesisir Selatan Belum Jelas
Pembentukan Berau Pesisir Selatan Belum Jelas

jpnn.com - TALISAYAN - Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Berau Pesisir Selatan (BPS) jauh dari harapan.

Hingga saat ini, proses dan tindaklanjut pembentukan daerah baru itu belum ada kejelasan. Dampaknya, penantian panjang masyarakat di wilayah pesisir selatan sepertinya sia-sia.

Ketua Persatuan Pemuda Berau Pesisir (PPBP) Abdul Waris mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 23/2014, maka pembentukan DOB harus melewati masa persiapan selama 3 tahun.

Jika berhasil, baru diusulkan ke DPR RI untuk menjadi DOB. Saat itu, akan ditunjuk pejabat sementara. Namun, jika gagal akan kembali ke daerah induk.

Saat ini, kata Waris, Kemendagri masih melakukan kajian dan merumuskan peraturan pemerintah (PP) terkait tata cara pemekaran yang menjadi turunan dari UU 23/2014 tersebut.

“Jadi artinya, ke depan nasib pemekaran wilayah Berau Pesisir Selatan tidak bisa ditentukan. Harus menunggu PP terbit dulu,” kata Waris, kemarin (26/11).

Dikatakannya, nasib 65 calon DOB lainyang telah di-ampres-kan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono juga tidak ada kejelasan.

Untuk itu, ia mengajak pemerintah daerah agar sama-sama mengawal proses pemekaran tersebut. Waris meminta Pemkab Berau agar bertemu DPRD dan Gubernur Kalimantan Timur, agar persoalan tapal batas itu segera diselesaikan. (har/fir)


TALISAYAN - Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Berau Pesisir Selatan (BPS) jauh dari harapan. Hingga saat ini, proses dan tindaklanjut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News