Bang Yos Soroti Pemain Naturalisasi

Bang Yos Soroti Pemain Naturalisasi
Pemain naturalisasi, Sergio van Dijk. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -  Pelaku lama sekaligus pengamat sepak bola Sutiyoso, menyayangkan kegagalan dan minimnya prestasi terus menggelayuti PSSI.

Bagi dia, bukan hanya program Timnas yang salah, tapi dari kepengurusan juga harus bertanggung jawab.

Lelaki yang akrab disapa Bang Yos tersebut, menilai masalah gagal berprestasi ini sejatinya berulang setiap tahun. Tapi, di tahun ini, kegagalan itu terakumulasi dengan banyaknya masalah di sepak bola Indonesia.

"Apalagi sepak bola  gajah, itu sangat memalukan. Bukan hanya pelakunya yang harus disanksi, pengurus yang tak becus menangani masalah ini dan membongkar sampai akarnya, juga harus tahu diri dan tanggung jawab," tegas dia.

Khusus untuk TImnas, Sutiyoso mengkritik pemain naturalisasi yang dipilih oleh pelatih TImnas. Alasannya, kualitasnya ternyata setara pemain lokal dan kurang bisa mengangkat permainan tim.

"Filipina itu contoh naturalisasi yang tepat. Memang berkualitas diambil. Itu pasti pengurusnya sudah memiliki visi, kalau di PSSI ini kok belum ya," ungkap mantan Gubernur Jakarta tersebut.

Akar masalah dari program yang berjalan dan kepengurusan Djohar Arifin Husin, lanjut Sutiyoso, tak bisa dilepaskan dari proses pemilihan Ketua Umum yang sangat buruk. Dia tahu sendiri, bagaimana ada proses transaksional dalam menentukan ketua umum PSSI.

"Ini hasilnya, karena prosesnya tidak bersih, jadinya begini. Yang dipikirkan bagaimana modalnya bisa kembali, bukan bagaimana sepak bola ke depan," tandas lelaki yang membawa Persija Juara Liga Indonesia 2001 silam.  (aam/dra)


JAKARTA -  Pelaku lama sekaligus pengamat sepak bola Sutiyoso, menyayangkan kegagalan dan minimnya prestasi terus menggelayuti PSSI. Bagi dia,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News