Kereta Api Sumbar-Riau Diaktifkan

Kereta Api Sumbar-Riau Diaktifkan
Kereta Api Sumbar-Riau Diaktifkan

jpnn.com - PADANG - Kementerian Perhubungan terus mematangkan rencana pembangunan jalur kereta api Muaro Kalaban–Pekanbaru, Riau. Direktorat Jenderal  Perkeretaapian Kementerian Perhubungan  menargetkan pembangunan jalur tersebut dapat diselesaikan dalam waktu lima tahun.

 

"Rencananya juga akan diintegrasikan jalur kereta api dari utara ke selatan. Rencananya proyek senilai Rp 64 triliun tersebut dibangun dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangke di Sumatera Utara yang saat ini sudah mulai dikerjakan," ujar Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko saat Focus Group Discusion (FGD) dengan Dinas Perhubungan Sumbar dan kabupaten/kota di Aula Kantor Dishub Sumbar, Rabu (26/11).

Dia memaparkan, pembangunannya akan dilakukan bertahap menggunakan APBN dan diharapkan ada keterlibatan investasi swasta.

Kata dia, secara keseluruhan total panjang rel kereta api yang akan diaktifkan lagi (reaktivasi, red) di Sumatera saat ini mencapai 1.869 km. Dari jumlah tersebut, katanya, sepanjang 1.348 km masih beroperasi, sisanya 512 km tidak beroperasi. Kereta api Trans Sumatera akan dilayani 145 lokomotif dan 1.435 unit kereta untuk mengangkut penumpang 48 juta orang per tahun.

Untuk kebutuhan sarana perkeretapian tersebut, lanjut dia, akan dipenuhi secara periodik. Kurun 2011-2015, sebanyak 30 lokomotif dan 285 kereta. Kurun 2016-2020 sebanyak 50 lokomotif dan 470 kereta. Periode 2021-2025 sebanyak 85 lokomotif dan 815 kereta, dan 2025-2030 sebanyak 145 lokomotif dan 1.435 kereta.

Sementara untuk Sumbar, dia mengaku akan melakukan reaktivasi jalur KA sudah ada sebelumnya. "Namun lebih dulu kami akan buat master plan-nya dengan memetakan kondisi jalur yang ada, termasuk apa kendala di lapangan untuk lima tahun ke depan," kata Hermanto.

Dari pemetaan itu, nantinya juga akan diketahui jalur KA mana saja yang prioritas akan dibuka. "Yang menjadi prioritas adalah pembukaan jalur KA antara Sumbar dengan Riau," katanya.

PADANG - Kementerian Perhubungan terus mematangkan rencana pembangunan jalur kereta api Muaro Kalaban–Pekanbaru, Riau. Direktorat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News