Tersesat 10 Hari di Gurun Sahara, Pria Ini Diselamatkan Urine Sendiri dan Darah Kelelawar

Tersesat 10 Hari di Gurun Sahara, Pria Ini Diselamatkan Urine Sendiri dan Darah Kelelawar
Selain melibatkan persaingan antar peserta, trek Marathon des Sables juga menjadi tantangan berat. Foto: istimewa

jpnn.com - SEORANG pria berhasil selamat dari kejamnya Gurun Sahara, usai tersesat selama hampir 10 hari. Mauro Prosperi, pria itu, bertahan hidup dengan meminum urine sendiri dan darah kelelawar.

Prosperi adalah mantan atlet pentathlon Olimpiade berusia 39 tahun. Dia tersesat di Gurun Sahara bagian wilayah Maroko, saat mengikuti ajang Marathon des Sables tahun 1994, dengan rute sepanjang 155 mil melalui Sahara.

Dilansir dari Mirror, Kamis (27/11), Prosperi mengisahkan dia adalah salah satu dari 80 pelari di ajang tersebut. Ayah dari tiga anak ini mengatakan, "Saya tersesat di hari keempat. Itu siang hari terpanjang dan paling sulit dalam perlombaan," kenang Prosperi.

"Tiba-tiba badai pasir yang sangat keras dimulai. Angin mengamuk mengerikan. Saya tak dapat melihat, saya tak bisa bernapas," ujarnya

Badai pasir itu berlangsung sekitar 8 jam. "Pasir menyerang wajahku. Saya hanya berusaha terus bergerak untuk menjaga agar tidak terkubur. Saya kemudian berhasil mendekam saat mendapatkan tempat terlindung," 

Usai badai itu, Prosperi mencoba mengetahui posisinya. "Saya punya kompas dan peta, namun tanpa titik acuan, semua menjadi rumit. Semua pasir. Saya mencoba berjalan dan sekitar empat jam kemudian, saya menemukan gundukan. Namun saya tidak bisa melihat apa-apa," tuturnya.

Prosperi pun akhirnya menyadari dia sudah tersesat. "Setelah sadar saya tersesat. Hal pertama yang saya lakukan adalah buang air kecil di botol air. Sebelum tersesat, saya sempat diberi air tawar di pos-pos pemeriksaan, tetapi ketika badai menghantam saya hanya punya setengah botol air yang tersisa. Aku meminumnya selambat mungkin," kenangnya.

Setelah beberapa hari bertahan dengan urine sendiri, Prosperi menemukan kuil di mana Muslim Badui memberinya tempat berteduh. Dia makan beberapa ransum, dan mengambil beberapa ekor kelelawar. "Saya memotong kepala mereka dan mengisap darah mereka keluar. Saya makan setidaknya 20 dari mereka," 

SEORANG pria berhasil selamat dari kejamnya Gurun Sahara, usai tersesat selama hampir 10 hari. Mauro Prosperi, pria itu, bertahan hidup dengan meminum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News