1.401 Guru Agama Masih Honorer

1.401 Guru Agama Masih Honorer
1.401 Guru Agama Masih Honorer

jpnn.com - SERANG – Meskipun tahun ini seleksi tes CPNS dilakukan di sejumlah daerah di Provinsi Banten, namun formasi untuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat minim. Bahkan di Pemprov Banten, dari 180 kuota CPNS yang disediakan, tidak ada satu pun formasi CPNS untuk guru agama.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Banten, jumlah guru PAI sebanyak 7.378 orang. Jumlah tersebut terdiri dari guru PNS sebanyak 5.977 orang dan 1.401 orang masih honorer.

Kepala Bidang Pendidikan Keagamaan dan Agama Islam (Pakis) Kemenag Banten, Mahfudin mengatakan, sarjana PAI setiap tahun terus bertambah, namun tidak semuanya memilih untuk menjadi guru agama.

“Secara umum kita masih kekurangan guru agama, namun begitu proses belajar mengajar di pendidikan formal tidak sampai terganggu,” kata Mahfudin, Kamis (27/11).

Idealnya, lanjut Mahmudin, Banten memiliki guru agama hingga 10 ribu orang, sehingga tidak ada sekolah yang kekurangan guru agama.

“Saat ini kami masih fokus pada penempatan guru agama terutama yang PNS, sehingga di daerah terpencil, jangan sampai ada sekolah yang tidak memiliki guru agama, mulai tingkat SD hingga SMA,” katanya.

Terkait masih banyaknya honorer yang belum diangkat jadi PNS, Mahfudin berharap tahun depan ada formasi CPNS untuk guru agama, sehingga kesejahteraan guru agama semakin meningkat jika menjadi PNS.

“Saat ini formasi guru agama sangat jarang, itu tidak hanya terjadi di Banten. Tahun depan kita harapkan Banten dapat formasi CPNS untuk guru agama, sebab rekrutmen CPNS untuk formasi guru akan tetap dibuka oleh pemerintah pusat yang saat ini merencanakan moratorium rekrutmen CPNS,” jelasnya.

SERANG – Meskipun tahun ini seleksi tes CPNS dilakukan di sejumlah daerah di Provinsi Banten, namun formasi untuk guru Pendidikan Agama Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News