Baidu Ciptakan Sepeda Pintar

Baidu Ciptakan Sepeda Pintar
Foto: engadget

jpnn.com - PERUSAHAN penyedia mesin pencarian di internet asal Tiongkok, Baidu tak hanya berkreasi di bidang informasi. Kini, Baidu juga menseriusi teknologi untuk transportasi.

Dengan menggandeng Fakultas Desain Universitas Tsinghua, Baidu menciptakan sepeda pintar berfitur menarik. DuBike diciptakan karena banyaknya kasus pencurian sepeda di Tiongkok.

Dengan fitur GPS yang dimiliki DuBike, penggunanya dapat melacak lokasi sepeda ketika dicuri. Pengguna hanya perlu memberikan detail lokasi DuBike ke polisi untuk melacaknya dan menangkap pencurinya.

Namun, sebagaimana fungsi sepeda, DuBike juga memiliki fungsi kesehatan karena dilengkapi sebuah aplikasi kesehatan yang terhubung melalui sensor. Aplikasi kesehatan pada DuBike itu dapat mendeteksi denyut jantung yang bisa dilihat melalui layar pada stang sepeda. Selain itu, Dubike dapat mendeteksi kecepatan dan tekanan udara yang terhubung dengan smartphone pengguna.

Seperti dilansir Engadget, DuBike juga akan menampilkan panduan rute dengan sistem pada monitor di stang sepeda yang akan memberikan petunjuk arah bagi penggunanya.DuBike juga dilengkapi lampu rem dan baterai yang dayanya akan terisi saat sepeda canggih itu dikendarai.

Sepeda besutan Baidu itu bahkan dilengkapi beberapa fitur sosial network yang memungkinkan pengguna untuk berbagi rute ke pengguna lainnya. Rencananya, sepeda kreasi Baidu yang diberi nama DuBike itu akan diluncurkan pada 2015 mendatang.(mg2/jpnn)

 


PERUSAHAN penyedia mesin pencarian di internet asal Tiongkok, Baidu tak hanya berkreasi di bidang informasi. Kini, Baidu juga menseriusi teknologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News