Mabes TNI Masih Pertahankan Pandam I dan Dandim Batam

Mabes TNI Masih Pertahankan Pandam I dan Dandim Batam
Mabes TNI Masih Pertahankan Pandam I dan Dandim Batam

jpnn.com - JAKARTA - Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan tentang pergantian terhadap Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan dan Komandan Distrik Militer 0319/Batam. Pernyataan Fuad itu sekaligus untuk menepis Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang menyebut Pangam I/BB, Mayjen Winston P Simanjuntak dan Dandim 0316 Batam, Letkol Inf Josep Tarada Sidabutar telah dicopot dari posisi masing-masing sebagai imbas bentrok Yonif 134/Tuah Sakti dengan Satbrimob Polda KEpri beberapa waktu lalu.

Menurut Fuad, sampai saat ini Panglima TNI Jenderal Moeldoko belum mengeluarkan surat keputusan terkait pergantian Winston. "Belum ada pergantian. Sampai sekarang Panglima TNI belum mengeluarkan surat keputusan. Saya tidak tahu itu info dari mana," kata Fuad saat dikonfirmasi JPNN, Jumat (28/11).

Sementara untuk posisi pergantian Dandim 0316 Batam, lanjut Fuad, sejauh ini juga belum ada keputusan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo. Fuad menjelaskan, kewenangan untuk mengganti pandam ada pada Panglima TNI.

Sedangkan untuk pergantian dandim, kewenangannya ada di KSAD. Namun, Fuad menegaskan bahwa sejauh ini belum ada informasi terkait pergantian kedua perwira TNI itu.  "Tapi, sampai sekarang itu belum ada pergantian," katanya.

Seperti ramai diberitakan, Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa pergantian Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal Winston Simanjuntak dan Dandim 0316/Batam Dandim 0316 Batam Letkol Inf Josep Tarada Sidabutar telah dicopot sebagai imnas bentrok antara TNI dan Polri di Mako Brimob, Batam beberapa waktu lalu. Menurut Ryamizrad, pencopotan itu merupakan bentuk sanksi sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo agar pihak-pihak yang bersalah dikenai sanksi.(boy/jpnn)

JAKARTA - Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan tentang pergantian terhadap Panglima Komando Daerah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News