Said Aqil Bakal Dikukuhkan sebagai Profesor Tasawuf

Said Aqil Bakal Dikukuhkan sebagai Profesor Tasawuf
Said Aqil Siradj. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, hari ini Sabtu (29/11), dikukuhkan sebagai Guru Besar (profesor) di bidang ilmu tasawuf di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. 

“Pak Said akan dikukuhkan sebagai Profesor ke 47 di lingkungan UIN Sunan Ampel,” kata Rektor UIN Sunan Ampel, Surabaya, Abdul A’la di Surabaya.
 
A’la menyebutkan, prosesi pengukuhan akan dilangsungkan dalam sidang senat terbuka yang dihadiri oleh seluruh anggota senat UIN Sunan Ampel. “Untuk profesor di bidang tasawuf, Pak Said ini menjadi orang ke delapan di Indonesia,” tambahnya.
 
Dalam pengukuhan sebagai guru besar ini Kiai Said akan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Tasawuf sebagai Revolusi Spiritual dalam Kehidupan Masyarakat Modern”. Tentang pilihan makalahnya, Kiai yang menyelesaikan pendidikan S1 hingga S3 di Arab Saudi tersebut menjelaskan, tasawuf memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era globalisasi saat ini.
 
“Jika dulu masyarakat melihat materi hanya sebagai pelengkap, saat ini tidak. Masyarakat di era globalisasi ini lebih materialistik karena materi dunia telah mempengaruhi pola berfikirnya,” urai Kiai Said.
  
Melalui pemikiran tasawuf sebagai revolusi spiritual ini, Kiai Said berharap mampu mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat. “Sebelum semua ini kebablasan, saya ingin menawarkan pemikiran tasawuf sebagai revolusi spiritual,” tuntasnya.
 
Prosesi pengukuhan guru besar ini akan dilangsungkan di Auditorium Kampus UIN Sunan Ampel, Surabaya, dengan total tamu undangan mencapai 1000 orang. Di antara tamu undangan tersebut adalah menteri di Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi – JK, antara lain M. Nasir, Marwan Jafar, Khofifah Indar Parawansa, dan Imam Nahrawi.
 
Acara ini juga akan dihadiri mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, serta sejumlah pejabat tinggi negara, tokoh nasional, dan perwakilan kelompok usaha. (fat/jpnn)


SURABAYA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, hari ini Sabtu (29/11), dikukuhkan sebagai Guru Besar (profesor)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News