Ratusan Aparat Masih Siaga di Lamteng

Sebagian Warga di Tenda, Sebagian Pulang

Ratusan Aparat Masih Siaga di Lamteng
Ratusan Aparat Masih Siaga di Lamteng. Foto Radar Lampung/JPNN.com

jpnn.com - ANAKTUHA -  Bentrok antara kelompok warga di Kampung Tanjungharapan, Lampung Tengah (Lamteng), tidak hanya melumpuhkan aktivitas masyarakat. Dampak insiden yang terjadi Kamis (27/11) lalu, itu juga menimbulkan ketakutan yang ditandai arus pengungsi setempat.

Meski sebagian telah kembali ke pemukiman mereka masing-masing. Pemerintah Kabupaten Lamteng sejak Sabtu (29/11) telah menyiapkan tenda di Dusun Sumbersari, salah satu tempat pengungsian warga yang rumahnya ludes terbakar.    
    
Kapolsek Anaktuha Ipda Agus, saat dikonfirmasi melalui via telephone menjelaskan, kondisi sampai tadi malam sekitar pukul 19.00 aman terkendali.  
    
Sejumlah aparat yang tergabung Polri-TNI masih terus berjaga di Kampung Tanjungharapan.  "Aman, masih kondusif. Ratusan personel masih berjaga di lokasi," kata Agus seperti yang dilansir Radar Lampung (Grup JPNN.com), Minggu (30/11).
    
Dia berharap, kejadian ini tak akan terulang kembali. Meski Jumat lalu sepakat berdamai, namun pihak kepolisian terus melakukan antisipasi di lokasi dan memonitoring sampai wilayah benar-benar kondusif.
    
Sedikitnya terdapat 4 tenda yang disiapkan dan dapat menampung sekira puluhan masyarakat pengungsi.
    
“Alhamdulillah, kondisi di dua dusun berangsur kondusif, Mas. Warga juga sudah dibantu pemerintah dengan mendirikan tenda pengungsi dari. Tenda ini terpasang di sekitar Dusun Sumbersari,” ujar Camat Anaktuha A. Rahman, kemarin.    
    
Rahman menambahkan, Alhamdulillah pemerintah daerah juga mengirim logistik yang disiapkan antara lain air mineral, makanan ringan, dan sejumlah pakaian.
    
"Logistik yang ada ini dimanfaatkan sekali oleh warga untuk kebutuhan mereka sembari menunggu bantuan pemerintah untuk perehaban rumah mereka yang rata dengan tanah," bebernya lagi.
    
Lanjut camat, diperkirakan ratusan warga masih mengungsi di empat lokasi yang disediakan, yakni di wilayah Sumbersari, Karangtanjung, Kotabaru dan Sriagung.
    
Namun, sebagian warga yang ketakutan telah kembali ke rumah mereka. "Nah, kalau warga yang rumahnya ludes terbakar sementara masih diungsikan dulu," tandasnya. (hry/rnn)


ANAKTUHA -  Bentrok antara kelompok warga di Kampung Tanjungharapan, Lampung Tengah (Lamteng), tidak hanya melumpuhkan aktivitas masyarakat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News