Jokowi Langsung Hapus KTKLN Karena Diminta TKI

Jokowi Langsung Hapus KTKLN Karena Diminta TKI
Jokowi Langsung Hapus KTKLN Karena Diminta TKI. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri tak perlu menunggu waktu lama untuk meminta pemerintah menyelesaikan penyimpangan pengurusan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

Tak lebih dari sejam setelah mendengarkan laporan para TKI melalui teleconference, Presiden Joko Widodo langsung menginstruksikan kementerian terkait untuk segera menghapus  KTKLN.

"Masalah-masalah yang disampaikan sudah kita catat dan segera kita selesaikan. Saya sampaikan juga KTKLN ini kita hapus," tegas Jokowi di Gedung Bina Graha, Jakarta, Minggu, (30/11).

Pernyataan Jokowi ini langsung disambut meriah oleh para TKI di delapan negara yang mengikuti teleconference. Tepuk tangan dan ucapan terimakasih langsung disampaikan untuk presiden. Para TKI mengaku sudah banyak diperas saat mengurus KTKLN. Mereka bahkan takut pulang ke tanah air karena pengurusan tersebut.

Sementara itu, usai teleconference Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengatakan dalam kurun waktu tiga hingga enam bulan akan mencari alternatif pengganti KTKLN sehingga para TKI dapat bekerja dengan tidak kembali berurusan dengan oknum tidak bertanggungjawab.

"Kita wajib menindaklanjuti perintah presiden kalau presiden memerintahkan KTKLN dihapus ya kita hapus. Apakah lewat perppu atau revisi UU kita akan bahas dengan Setneg," tegas Nusron. (flo/jpnn)

 

JAKARTA -- Para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri tak perlu menunggu waktu lama untuk meminta pemerintah menyelesaikan penyimpangan pengurusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News