Lebih 4 Tahun Dibui, Syamsul Belum Bebas Bersyarat

Lebih 4 Tahun Dibui, Syamsul Belum Bebas Bersyarat
Lebih 4 Tahun Dibui, Syamsul Belum Bebas Bersyarat

jpnn.com - JAKARTA - Sudah masuk Desember 2014, namun hingga kemarin mantan gubernur Sumut Syamsul Arifin belum juga mendapatkan hak pembebasan bersyarat.

Terpidana kasus korupsi APBD Langkat yang masuk bui sejak 22 Oktober 2010 itu masih mendekam di LP Sukamiskin, Bandung. Vonis tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA), yang diperkuat putusan tingkat PK, Syamsul diganjar enam tahun penjara.

Dengan demikian, mantan bupati Langkat dua periode itu sudah berada di bui selama 4 tahun lebih.

Dipotong masa penahanan lewat remisi 17 Agustus dan remisi saat Idul Fitri, 2/3 masa pemenjaraan sekitar Oktober 2014. Karenanya,Kalapas Sukamiskin, Bandung, Giri Purbadi,sudah mengajukan usulan pembebasan bersyarat awal Agustus 2014, dengan perhitungan awal Oktober 2014 Syamsul sudah menghirup udara bebas.

Nyatanya, hingga kemarin (1/12), SK pembebasan bersyarat Syamsul belum juga terbut. "Belum, belum, belum," ujar Kalapas Sukamiskin, Bandung, Giri Purbadi, saat dihubungi JPNN dari Jakarta.

Tidak ada kalimat lebih lanjut dari mulut Giri. Dari ujung ponsel, terdengar suara ramai, sepertinya dia sedang ada acara saat mengangkat ponselnya.

Sebelumnya Giri menduga, pemrosesan usulan pembebasan bersyarat Syamsul kemungkinan dilakukan secara hati-hati, agar begitu mendapatkan pembebasan bersyarat, tidak menuai kontroversi di masyarakat.

Pihak Ditjen Lapas sebelumnya menyebutkan, memang usulan pembebasan bersyarat Syamsul harus sesuai aturan baru, yakni Peraturan Menkumham Nomor  21 Tahun 2013 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, dan cuti menjelang bebas.

JAKARTA - Sudah masuk Desember 2014, namun hingga kemarin mantan gubernur Sumut Syamsul Arifin belum juga mendapatkan hak pembebasan bersyarat. Terpidana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News