Puluhan Polisi Kena Tilang

Disanksi Denda Hingga Push Up

Puluhan Polisi Kena Tilang
Puluhan Polisi Kena Tilang

jpnn.com - BALIKPAPAN - Sikap tegas ditunjukkan Polres Balikpapan. Operasi Zebra tak hanya menyasar warga sipil, tapi juga ke anggota Polri. Kemarin (3/12), puluhan anggota polisi terjaring razia di kawasan Mapolres Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman. Mereka diketahui tak memiliki surat kelengkapan berkendara.

Hasil razia yang digelar Satlantas dan Propam Polres Balikpapan sekira pukul 06.30 Wita menjaring sebanyak 29 anggota polisi. Razia tersebut dipimpin Wakapolres Balikpapan Kompol Bramanti Agus Suyono, bersama Kasi Propam Polres Balikpapan Iptu I Ketut Suwarna dengan 10 anggotanya. Juga Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Novy Magdalena dengan delapan anggotanya. 

Razia digelar sebelum upacara gabungan di Mapolres Balikpapan. Kendati banyak anggota polisi yang masuk ke Mapolres Balikpapan melalui pintu belakang, mereka tak dapat mengelak. Pasalnya, razia dilakukan di empat titik jalur masuk, sehingga tak ada jalan lain.

Aparat yang terjaring razia adalah yang tak membawa kelengkapan berkendara. Antara lain seperti kaca spion hanya satu dan surat-surat yang mati. Namun terbanyak, adalah petugas yang lupa membawa STNK. Sanksinya, selain wajib membayar denda tilang, mereka juga diberi sanksi disiplin. "Mereka kami tindak dengan push-up," ungkap AKP Novy Magdalena. 

Diketahui, push-up ini sekalian menurunkan badan. Sanksi ini dibikin berbeda dari masyarakat, agar mereka bisa menjadi contoh bagi warga. "Sanksi tersebut ditangani Unit Propam. Untuk berikutnya (razia kendaraan polisi), kami belum bisa beri tahu kapan. Sebab, nanti bila mereka (anggota polisi) tahu kapan jadwalnya, mereka akan lebih banyak pilih jalan kaki," terang Novy. 

Sementara razia tersebut, merupakan salah satu rangkaian Operasi Zebra yang dimulai sejak 26 November lalu, dan berakhir 9 Desember mendatang. Diketahui, kegiatan tersebut sudah menjaring lebih 250 kendaraan roda dua dan roda empat maupun lebih.

Kemudian, Operasi Zebra dilanjutkan pukul 15.00 Wita hingga 16.00 Wita. Dalam razia itu polisi didampingi anggota Polisi Militer. Saat razia berlangsung, terlihat puluhan anggota tentara dan PNS diperiksa kelengkapan kendaraannya. (*/mon/rom/k14/mas)

BALIKPAPAN - Sikap tegas ditunjukkan Polres Balikpapan. Operasi Zebra tak hanya menyasar warga sipil, tapi juga ke anggota Polri. Kemarin (3/12),


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News