PMPI Bersiap Menuju Asian Games 2018

PMPI Bersiap Menuju Asian Games 2018
PMPI Bersiap Menuju Asian Games 2018

jpnn.com - JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) pentathlon memang belum populer di tanah air. Namun cabor itu akan dipertandingkan di Asian Games XVIII/2018 di Jakarta dan Palembang. Karena wajib dipertandingkan, kebutuhan induk organisasi pentathlon di tanah air sangat dibutuhkan.

Jumat (5/12) malam lalu di Senayan, Persatuan Modern Pentathlon Indonesia (PMPI) dibentuk. Salah satu calon ketua PMPI adalah Anthony Soenarjo. Pentathlon sendiri meliputi cabor anggar, berkuda, menembak, berenang, dan lari.

"Harapan saya PMPI ini nantinya bisa membantu Indonesia dalam memperoleh medali. Jadi bukan hanya bulu tangkis dan angkat besi yang dijadikan tumpuan ketika berlomba di level Olimpiade atau Asian Games," kata Anthony.

Peminat cabor pentathlon saat ini mayoritas lahir dari kalangan militer. Maklum kelima olahraga itu membutuhkan fisik yang bagus, fokus tinggi, dan strategi yang matang.

"Di Korsel lalu, atau Asian Games Incheon, kita absen. Masak sebagai tuan rumah kita absen juga? Karena itulah dibutuhkan induk organisasi secepatnya sehingga bisa mencetak atlet pentathlon Indonesia," ucap Anthony lagi. Jika nantinya PMPI sudah terbentuk, secepatnya PMPI akan merapat ke KONI dan KOI sebagai payung induk organisasi olahraga se Indonesia.

Mengenai potensi atlet, dalam kacamata Anthony akan mengembangkan pentathlon ke wilayah Indonesia Timur. Hal ini disebabkan secara alami, atlet-atlet dari kawasan timur Nusantara punya ketahanan fisik yang luar biasa. (dra/mas)


JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) pentathlon memang belum populer di tanah air. Namun cabor itu akan dipertandingkan di Asian Games XVIII/2018 di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News