Inilah Hasil FFI 2014

Inilah Hasil FFI 2014
Inilah Hasil FFI 2014

jpnn.com - PALEMBANG - Malam Penganugerahan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2014 berjalan sangat megah dan ekslusif. Pasalnya, acara yang diselenggarakan di Gedung Palembang Sport and Convention Center (PSCC) dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan istrinya, Iriana Jokowi, Sabtu malam (6/12).

Dilansir dari Sumatera Ekspres (Grup JPNN), Minggu (7/12), dalam acara tersebut, Jokowi memakai batik merah marun didampingi istri menggunakan kebaya warna merah muda. Uniknya batik yang dipakai Jokowi sewarna dengan batik yang dipakai Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Dalam malam penganugerahan Piala Citra didapati Cahaya dari Timur menjadi Film Terbaik di FFI 2014. Penghargaan spesial itu diberikan Jokowi langsung didampingi Allex Noerdin kepada Angga Dwimas Sasongko yang merupakan sutradara film tersebut. 

Film tersebut mengalahkan beberapa nominasi film lainnya, seperti 3 Nafas Likas, Soekarno, Sebelum Pagi Terulang Kembali, dan Sokola Rimba. "Film ini dibuat dengan lebih maksimal dan mengambil latar di Maluku. Kami terus berusaha dan berproses agar lebih baik. Kami tidak menyangka bisa seperti ini dan kami bangga. Terima kasih Maluku," ujar Angga Dwimas Sasongko.

Acara bertema 'Bangga Film Indonesia' itu juga mengumumkan pemenang film dari berbagai nominasi yang sudah ada. Yakni, Pemeran Utama Pria Terbaik oleh Chicco Jerikho (Cahaya dari Timur). "Terima kasih kepada Tuhan saya. Kesuksesan tidak terlepas dari Ridho Tuhan. Terima kasih pada keluarga saya dan Sinema Pictures. Film Indonesia ayo maju terus," umbar Chicco Jerikho.

Pemeran Utama Wanita Terbaik didapatkan oleh Dewi Irawan (Tabula Rasa), dan Sutradara Film Terbaik diraih oleh Adriyanto Dewo (Tabula Rasa). "Ini keberhasilan saya yang tertunda selama 21 tahun. Sejak 1983, saya hanya masuk nominasi. Saya sangat bangga. Ayo bangga nonton di bioskop. Jangan beli bajakan," kata Dewi Irawan. (wia/qie/bsp/adk/jpnn)

Berikut Peraih Piala Citra dalam FFI 2014:

1. Film Terbaik: Cahaya Dari Timur: Beta Maluku
2. Sutradara Terbaik: Adriyanto Dewo (Tabula Rasa)
3. Pemeran Utama Pria Terbaik: Chicco Jericho (Cahaya dari Timur)
4. Pemeran Utama Wanita Terbaik: Dewi Irawan (Tabula Rasa)
5. Pemeran Pendukung Pria Terbaik: Yayu Unru (Tabula Rasa)
6. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik: Tika Bravani (Soekarno)
7. Penulis Skenario Asli Terbaik: Tumpal Tampubolom (Tabula Rasa)
8. Penulis Skenario Adaptasi Terbaik: Riri Riza (Sokola Rimba)
9. Penata Busana Terbaik: Retno Ratih Damayanti (Soekarno)
10. Pengarah Artistik Terbaik: Allan Sebastian (Soekarno)
11. Penata Musik Terbaik: Fajar Yuskemal dan Arya Prayogi (Killers)
12. Penata Suara Terbaik: Fajar Yuskemal dan Arya Prayogi (Killers)
13. Penata Visual Efek Terbaik: Eltra Studio dan Adam Howarth (Tenggelamnya Kapal Van der Wijk)
14. Penyunting Gambar Terbaik: Cessa David Lukmansyah dan Wawan I Wibowo (Soekarno)
15. Pengarah Sinematografi Terbaik: Nur Hidayat (Sebelum Pagi Terulang Kembali)

PALEMBANG - Malam Penganugerahan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2014 berjalan sangat megah dan ekslusif. Pasalnya, acara yang diselenggarakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News