Disdik Siap Terapkan PPDB Online Tahun Depan

Disdik Siap Terapkan PPDB Online Tahun Depan
Disdik Siap Terapkan PPDB Online Tahun Depan

jpnn.com - BALIKPAPAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Balikpapan tampaknya bakal berjalan mulus. Pasalnya program yang sudah masuk dalam rencana kerja anggaran (RKA) itu bakal masuk dalam APBD Balikpapan 2015. Hal itu dipastikan Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Heri Misnoto.

Dia mengatakan, bahwa Disdik siap menerapkan PPDB online pada 2015 mendatang. Hal itu ditandai dengan masuknya program PPDB online ini ke RKA Disdik. Saat ini rinciannya di APBD Balikpapan telah dimantapkan. Sehingga belum diketahui secara pasti berapa anggarannya.

“Tahun ajaran 2015, Disdik siap melaksanakan PPDB online,” tegasnya.

Program tersebut pun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya anggota DPRD Kaltim, Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan, Irwan Faisyal. Ia meminta agar perencanaan PPDB online di Kota Minyak benar-benar terealisasi. Hal itu bertujuan, untuk menghindari sejumlah konflik yang sempat terjadi pada PPDB tahun 2014.

Meski belum diketahui nilai anggarannya, ia menyebut, sinyal positif atas penerapan PPDB online sudah terlihat. Hal ini akan memberikan pencerdasan kepada masyarakat bahwa PPDB tak bisa lagi melalui jalur titipan.

“Legislatif dan eksekutif harapannya bisa sepaham dan sejalan atas ini,” harap politikus Partai Golkar itu.

Seperti diketahui, penerapan PPDB online sudah diusulkan setiap tahunnya sejak 2009. Namun, usulan tersebut selalu dicoret oleh DPRD, lantaran dianggap Balikpapan belum siap menerapkan PPDB online. Rencana ini kembali diembuskan saat Kaltim Post menggelar Forum Kota dengan tema Ruang Kelas Kurang Jadi Rebutan di Gedung Biru Kaltim Post (Grup JPNN.com), Jalan Soekarno Hatta, Km 3,5, Balikpapan, 3 September lalu.

Peserta yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Heri Misnoto, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Imam Mundjiat hingga penggiat pendidikan di Kota Minyak itu sepakat PPDB tahun depan dijalankan secara online. (qi/rom/k14)


BALIKPAPAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Balikpapan tampaknya bakal berjalan mulus. Pasalnya program yang sudah masuk dalam rencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News