Amir, Harimau Sumatera yang Nambal Gigi di Inggris

Amir, Harimau Sumatera yang Nambal Gigi di Inggris
Amir, saat melakoni operasi menambal gigi. Foto: istimewa

jpnn.com - AMIR (9 tahun), seekor Harimau Sumatera yang sudah langka menderita sakit gigi parah. Tiga gigi depannya meradang dan dipastikan jika tak cepat diobati, masa depan Amir bisa dalam bahaya.

Untungnya, masih banyak ahli yang peduli dengan harimau jantan ini. Seorang dokter gigi di Harley Street, kawasan klinik medis swasta, London, melihat adanya bahaya dalam mulut Amir. 

Singkat cerita, di Howletts Wild Animal Park, dekat Canterbury, Kent, Inggris, Amir dibius dan harimau yang punya berat sekitar 20 stone (1 stone = 6.35 kg) itu dibawa ke rumah sakit hewan yang sesungguhnya spesialis kucing. Secara khusus, Amir ditangani oleh dokter gigi Peter Kertesz. 

Dokter hewan di Kebun Binatang Howletts, Ben Warren mengatakan, mereka memutuskan mengambil tindakan kepada Amir hanya untuk mencegah sakit lebih lanjut. "Amir adalah harimau yang baik, indah. Meskipun giginya menderita, dia seakan menyimpan rasa tidak nyaman itu. Kami merasa harus mengambil tindakan," kata Warren, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (8/12).

Kepala Pelayanan Kesehatan Hewan Howletts, Jane Hopper menambahkan, prosedur tindakan untuk Amir sangat sulit, sebab akar gigi harimau bisa enam kali lebih panjang daripada akar gigi manusia.

"Seluruh prosedur yang kami lalui berhasil, terima kasih untuk semua. Kami akan mengawasi Amir selama beberapa minggu ke depan," jelas Hopper.

Selain Amir, di Howletts Wild Animal masih terdapat satu lagi Harimau Sumatera, dua Harimau Siberia dan dua Harimau Bengal. Semuanya diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah. (adk/jpnn)

AMIR (9 tahun), seekor Harimau Sumatera yang sudah langka menderita sakit gigi parah. Tiga gigi depannya meradang dan dipastikan jika tak cepat diobati,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News