Gagal di Pilkada, Kini jadi 'Orang Istana'

Gagal di Pilkada, Kini jadi 'Orang Istana'
Brigjen Albiner Sitompul (paling kanan) menyertai Presiden Jokowi saat memberikan keterangan kepada para wartawan di Istana, Senin (8/12). Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - MASIH ingat Albiner Sitompul? Pria bertubuh tegap berkulit gelap itu pernah meramaikan hiruk pikuk pilkada Tapteng tahun 2011 silam.

Saat itu, Albiner berpasangan dengan Steven PB Simanungkalit. Hanya saja, lantaran dianggap tidak memenuhi persyaratan, pasangan ini dicoret oleh KPU Tapteng dari daftar pencalonan.

Tidak terima dicoret, Albiner pun mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Nah, langkah Albiner menggugat ke MK ini lantas dipersoalkan pasangan Bonaran Situmeang-Sukran Jamlan Tanjung (BOSUR).

Lewat kuasa hukumnya, pada 27 April 2011 pasangan BOSUR mengirim surat ke Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono. Surat yang diteken Elza Syarief itu berharap Panglima TNI memberikan klarifikasi dan penjelasan mengenai status Albiner Sitompul. Pasalnya, saat itu Albiner masih resmi menjadi anggota TNI.

Singkat cerita, pilkada Tapteng usai dan dimenangkan BOSUR. Tapi, karir Albiner bukannya meredup. Pria berpangkat Letnan Kolonel Kav itu dipercaya sebagai Kepala Penerangan (Kapen) Kostrad, saat Pangkostrad dijabat Letjen TNI A.Y. Nasution. Pangkat Albiner pun naik menjadi Kolonel Kav.

Hingga A.Y Nasution pensiun, Albiner Sitompul masih menjadi jubir Kostrad. Beberapa kali, saat itu, wartawan JPNN bertandang ke ruang kerja Albiner. Nada bicaranya nyaris meninggalkan "gaya Batak". Kalem, tapi tetap tegas, cekatan.

Nah, begitu SBY lengser dan digantikan Jokowi, Albiner ditarik dari Kostrad yang markasnya di depan Stasiun Gambir, ke Istana.

"Bapak kini sudah di Istana. Bapak sudah bintang satu," ujar seorang staf di Pusat Penerangan Kostrad, kepada JPNN kemarin (9/12).

MASIH ingat Albiner Sitompul? Pria bertubuh tegap berkulit gelap itu pernah meramaikan hiruk pikuk pilkada Tapteng tahun 2011 silam. Saat itu, Albiner

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News