Pembantai Ibu dan Bapak Kandung Sering Ngamuk di Tahanan

Pembantai Ibu dan Bapak Kandung Sering Ngamuk di Tahanan
Pembantai Ibu dan Bapak Kandung Sering Ngamuk di Tahanan

jpnn.com - BREBES – Tasdik (21), pelaku pembunuhan kedua orang tuanya sendiri telah ditahan di Mapolres Brebes. Namun dari infromasi yang dihimpun, selama mendekam di ruang tahanan, pelaku pembunuhan itu kerap ngamuk dan memukuli tahanan lainnya. Hal itu karena kondisi kejiwaannya masih sangat labil.

Untuk menghindari kejadian serupa, polisi menempakan tersangka di ruang tahanan khusus agar tidak bercampur dengan tahanan lainnya. Kemarin (10/12), tersangka diperiksa kejiwaannya oleh tim psikolog dari Polda Jateng. Mereka tiba di Mapolres Brebes pukul 11.30 WIB.

Sesampai di Mapolres, tim psikolog itu langsung memeriksa Tasdik. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kondisi kejiwaan pelaku pembunuhan, karena sebelumnya pelaku pernah menjalani rehabilitasi di rumah sakit jiwa yang ada di Magelang dan Banyumas setahun lalu.

Kasatreskim Polres Brebes AKP Moh Subhan menjelaskan, pemeriksaan oleh tim psikolog Polda Jateng dilakukan untuk mendalami sejauhmana kesehatan kejiwaan Tasdik berkaitan dengan kasus pembunuhan yang dilakukannya. Pemeriksaan juga dilakukan untuk menjawab pengakuan dari perangkat desa yang menganggap pelaku pernah menjalani rehabilitasi kejiwaan di rumah sakit jiwa di Banyumas dan Magelang.

”Pemeriksaan kejiwaan oleh psikolog ini dilakukan agar hasil penyelidikan bisa singkron dengan pernyataan yang disampaikan perangkat desa,” terang dia.

Menurut dia, hasil pemeriksaan kejiwaan tersangka, baru bisa diketahui setelah ada keputusan dari tim psikolog. Apabila hasil pemeriksaan pelaku dianggap mengalami gangguan jiwa, kasus tersebut akan dibantarkan dan kemudian pelaku dirawat di rumah sakit jiwa.

Namun sebaliknya, jika pelaku dianggap tidak mengalami gangguan jiwa, proses hukum akan terus berjalan. Kasatreskrim mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Brebes perihal kasus pembunuhan itu. Koordinasi dilakukan berkait dengan tahapan-tahapan pemeriksaan yang dilalui.

Dia menjelaskan, berdasar keterangan yang dihimpun, pada 2013 lalu pelaku pernah menjalani pemeriksaan di rumah sakit jiwa. Pelaku tiba di rumah sakit setelah diantar oleh pihak desa dan warga. Namun, tak berlangsung lama, pelaku kemudian pulang dengan sendirinya ke kampung halamannya.

BREBES – Tasdik (21), pelaku pembunuhan kedua orang tuanya sendiri telah ditahan di Mapolres Brebes. Namun dari infromasi yang dihimpun, selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News