Kepada JK, Sutarman: Personel PMI Rawan Ditembak di Papua

Kepada JK, Sutarman: Personel PMI Rawan Ditembak di Papua
Kepada JK, Sutarman: Personel PMI Rawan Ditembak di Papua. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Kapolri Jenderal Sutarman dan Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) menandatangani nota kesepahaman untuk kerjasama donor darah di kantor PMI Pusat, Jakarta, Jumat, (12/11).

Sutarman mengatakan melalui MoU itu pihaknya ingin membantu PMI dalam menjalankan misi kemanusiaan.

"Dulu PMI selalu hadir dalam perang. Tapi saat ini perang secara konvensional sudah tidak terjadi lagi. Yang kita saksikan bersama masih sering terjadi konflik antarmasyarakat dan masalah sosial lainnya yg mengakibatkan korban manusia dan perlu pertolongan segera. Oleh karena itu kerja PMI harus kita dukung," ujar Kapolri dalam sambutannya.

Di hadapan Wapres, Kapolri juga berjanji pihaknya akan melindungi PMI di manapun berada. Hal ini untuk menghindari peristiwa seperti kasus penembakan pada mobil PMI yang pernah dilakukan oleh OPM di Papua, September lalu.

"Kami bercerita Pak Wapres di Papua PMI turun langsung ke daerah konflik tetapi masyarakat Papua ini tidak tahu siapa yang lewat pokoknya siapa yang lewat ditembak, ini adalah suatu persoalan. Sehingga kita harus menjamin seluruh personel PMI yang turun ke daerah manapun. Kita yakinkan harus aman," tegas Kapolri.

Menurut Kapolri saat ini jumlah personelnya mencapai 480 ribu orang. Jika semua bisa mendonorkan darah melalui PMI akan sangat membantu persediaan darah di tanah air. Ia menyatakan, ini bukan sebuah kewajiban personel tapi ia berharap semua personel bersedia secara sukarela untuk mendonorkan darah.

"Namanya donor darah itu itu sukarela, ihklas. Tapi kalau Polri mungkin perintah-perintah dikit enggak apa-apa untuk donor darah," tandas Kapolri. (flo/jpnn)

 

JAKARTA -- Kapolri Jenderal Sutarman dan Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) menandatangani nota kesepahaman untuk kerjasama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News